DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Minta Masyarakat Proaktif Ikuti Sensus Penduduk

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Selasa (18/2/2020).

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Sensus Penduduk (SP) 2020 telah dimulai serentak di Indonesia, sebagai langkah konkret guna mendukung sensus penduduk yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut, maka Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya mulai melakukan langkah-langkah mendukung pelaksanaan program kependudukan nasional tersebut.

“Kami minta masyarakat, termasuk seluruh aparatur sipil negara (ASN) lingkup pemko Palangka Raya untuk dapat mengikuti sensus tersebut,”ungkap Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Selasa (18/2/2020).

Menurut walikota, sensus tersebut dipandang strategis, mengingat program yang digelar dalam kurun waktu satu dasawarsa sekali ini memiliki peran penting dalam berbagai bidang.

“Pemko berharap pelaksanaan sensus penduduk 2020 menuai sukses. Sehingga cakupan pencatatan penduduk bisa lebih tinggi,”jelasnya.

Dikatakan, baik itu sensus dengan pola menggunakan metode kombinasi yakni melalui sistem online pendaftaran maupun sensus konvensional dengan cara door to door mendatangi warga, semuanya sama pentingnya.

Disisi lain, manfaat adanya sensus penduduk ini, tudak lain untuk mendapatkan data basis yang fundamental. Baik jumlah pendudukan, terkait aktivitas penduduk, kontribusi penduduk dalam menggerakan perekonomian, penduduk yang menerima akses layanan sosial serta manfaat lainnya.

“Manfaat banyak bagi pemerintah dalam merumuskan program, dengan adanya data basis ini, namun dengan catatan bahwa data itu harus valid. Maka itu perlu komitmen untuk mensuseskan sensus penduduk ini,”ujarnya.

Tak kalah pentingnya lanjut Fairid, data hasil sensus penduduk tahun 2020 ini tidak hanya bermanfaat sekarang, namun juga untuk mengantisipasi apa yang terjadi di Indonesia pada masa yang akan datang.

“Apalagi inovasi dalam sensus penduduk 2020 ini akan menggunakan metode kombinasi dan Multimode Data Collection. Maka itu mari berikan data ril dan jangan sampai tidak mengikutinya,”ajaknya.

Adapun berdasarkan keterangan pihak BPS, jika masyarakat mengikuti sensus penduduk tahun 2020 melalui sistem online, maka caranya setiap orang menyiapkan Kartu Keluarga, KTP, dan Akta Nikah/buku nikah/surat kematian kemudian langsung membuka link sensus.bps.go.id.

Setelah masuk ke sistem online tersebut maka isilah NIK dan Nomor KK. Lalu isi datanya sesuai panduan dan jawablah pertanyaan yang sudah disiapkan dengan jujur dan sebenar-benarnya. Setela mengisi seluruh pertanyaan maka tandai bahwa anda sudah selesai mengisi dengan klik tombil Kirim.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!