DPRD KatinganKalimantan TengahKatingan

Mensos Kunjungi Katingan Paska Banjir, Minta Agar Kepala Daerah Buat Terobosan Baru Untuk Penangan Banjir

Mentri Sosial Republik Indonesia, Tri Risma Maharini melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Katingan, kamis(16/9/2021).

Kasongan – Mentri Sosial Republik Indonesia, Tri Risma Maharini melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Katingan, kamis(16/9/2021).

Kedatangan mentri sosial disambut oleh Bupati Katingan beserta jajaran forum Koordinasi Perangkat Daerah (Forkopimda) di taman religi Kasongan.

Dalam kunjungan tersebut Mensos memberikan arahan kepada kepala daerah dalam hal ini Bupati Katingan, dalam arahannya Risma menyebutkan agar perintah daerah bisa mewaspadai dampak bencana yang disebabkan oleh peruhanan iklim.

“Kepala daerah harus menyiapkan langkah-langkah antisipatif yang bisa memberikan solusi terhadap masalah bencana banjir, teruma dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak,”Ujar Tri Risma Maharini.

Menurut Mensos, hal yang harus dipikirkan oleh kepala daerah yaitu bagaimana strategi untuk menganani masyarakat yang terdampak bencana terutama wilayah yang jauh, sehingga dalam penanganan nya tidak memberatkan petugas.

Selain itu juga, Mensos menyampaikan bahwa kepala daerah harus bisa membuat kebijakan atau terobosan baru dalam penangana bencana banjir hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila adanya bencana banjir yang akan datang, mengingat bencana banjir sering terjadi berulang-ulang.

“Dari informasi yang disampaikan, bahwa diwilayah Kalimantan Tengah salah satu nya di Kabupaten Katingan bencana banjir terjadi berulang-ulang, untuk mengantisipasi hal ini tentunya perlu ada terobosan-terobosan baru,”Imbuhnya.

Menurutnya, bencana banjir yang terjadi berulang-ulang ini bukan hanya memberatkan tugas pemerintah,akan tetapi juga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

Disampaikan Mensos kepada Bupati Katingan, bahwa selaku kepala daerah harus menyiapkan skenario mitigasi bencana yang terencana dengan baik, salah satu nya adalah menyiapkan sarana evakuasi warga.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *