Barito TimurDPRD Barito Timur

Antisipasi Siaga Banjir, Polres Bartim Gelar Apel Pengecekan Sarpras

Sebagai mana rekan-rekan sudah mengetahui bahwa kita sudah ada peringatan dini cuaca dari BMKG, beberapa hari ke depan terjadi peningkatan intensitas curah hujan termasuk di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Barito Timur," ucap Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra, Selasa (2/11/2021).

Foto : Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Polres Barito Timur menggelar apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana di Wilayah Kabupaten Barito Timur, pada Selasa (2/11/2021) di Halaman Mako Polres Barito Timur. Apel Kesiapsiagaan antisipasi bencana tersebut diikuti oleh TNI, Polri, BPBD dan Pejabat Utama Polres Barito Timur.

Usai apel, Kapolres berserta rombongan meninjau peralatan yang tersedia dalam penanganan bencana banjir, lanjut kapolres diharapkan mampu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana.

Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra menjelaskan, jajaran Polres Barito Timur Polda Kalimantan Tengah melaksanakan apel gabungan dengan instansi terkait, termasuk juga masyarakat dalam hal penanggulangan bencana banjir di wilayah Kalimantan Tengah.

“Sebagai mana rekan-rekan sudah mengetahui bahwa kita sudah ada peringatan dini cuaca dari BMKG, beberapa hari ke depan terjadi peningkatan intensitas curah hujan termasuk di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Barito Timur,” ucap Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra, Selasa (2/11/2021).

Kata Kapolres Barito Timur AKBP Afandi Eka Putra, belajar dari pengalaman menghadapi berbagai kejadian bencana di Kabupaten Barito Timur, maka dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara terencana dan terintegrasi, sehingga pengelolaan bencana dapat dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh.

“Untuk itu kita diminta untuk menjaga kesiapsiagaan mulai dari personil, sarpras dan juga cara tindak kita, selanjutnya kita cek personil kita kemudian juga sarpras kita. Insyaallah setelah apel ini kita akan rapat kembali dengan instansi terkait termasuk, masyarakat untuk memantapkan cara bertindak yang lebih efektif lagi dalam hal penanggulangan bencana alam untuk wilayah Kabupaten Barito Timur,” jelas AKBP Afandi Eka Putra.

AKBP Afandi Eka Putra melanjutkan, beberapa waktu yang lalu kita sudah ada pengalaman walaupun masih masuk dalam kategori rendah resiko banjir.

“Namun tidak mengurangi kesiapsiagaan kita di jajaran Polres Bartim, namun sudah ada pengalaman beberapa bulan yang lalu. Ada kejadian banjir di wilayah Kecamatan Dusun Tengah dan Kecamatan Pematang Karau, nah ini tentunya harus memantapkan kita, kita harus siap ke depan, kalau nanti memang ada banjir lagi kita sudah persiapkan. Nah itu makanya kita adakan apel pada pagi hari ini,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!