Kalimantan TengahKalteng Berkah

Wagub Kalteng Hadiri Rapat Paripurna ke-8

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak. Agenda rapat kali ini mendengarkan Pidato Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kalteng tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalteng Tahun Anggaran 2022.

GERAKKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo hadiri Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021 DPRD Provinsi Kalteng. Rapat paripurna dihadiri secara virtual dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Senin (8/11/2021).

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak. Agenda rapat kali ini mendengarkan Pidato Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Kalteng tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalteng Tahun Anggaran 2022.

Wagub H. Edy Pratowo saat membacakan Pidato Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan, rancangan APBD Tahun Anggaran 2022, secara riil tetap diupayakan mencerminkan niat Pemerintah Daerah untuk mewujudkan sinergitas upaya pemulihan dan peningkatan ekonomi nasional dan daerah serta memenuhi kehendak masyarakat untuk melakukan perubahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, yang diselaraskan dengan prinsip keadilan dan kehati-hatian. Juga lebih fokus kepada pembangunan bidang infrastruktur,  pendidikan, kesehatan dan pembangunan bidang ekonomi secara luas.

Fokus pembangunan infrastruktur pada periode Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo adalah melanjutkan kembali proyek strategis Multi Years yang meliputi pembangunan beberapa ruas jalan di Kabupaten/Kota se-Kalteng, dengan perkiraan biaya sekitar Rp. 2,1 Triliun, melalui skema pembayaran bertahap dimulai dari tahun anggaran 2022 dan diperkirakan akan selesai bersamaan dengan akhir masa jabatan kami, paling lambat pada 2024.

Kemudian pada bidang kesehatan, fokus utama dari penganggaran belanja APBD adalah sebagian besar untuk penanganan pandemi Covid-19. Juga proses penerapan protokol kesehatan yang selaras dengan kebijakan PPKM Pemerintah Pusat serta penuntasan program vaksinasi untuk masyarakat umum dan tenaga medis.

Selanjutnya, pada Bidang Sosial Ekonomi, Pemerintah Provinsi Kalteng aktif mendorong pelaku usaha dan juga masyarakat yang terdampak langsung dari pandemi Covid-19, dengan bantuan usaha permodalan maupun bantuan hibah yang bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi di wilayah Kalteng.

Edy mengatakan, terkait dengan kebijakan pengeluaran pembiayaan daerah untuk tahun anggaran 2022, Pemprov. Kalteng berkomitmen akan terus memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan perusahaan daerah, yaitu dengan tetap memberikan dukungan dana penyertaan modal. Salah satunya kepada Bank Kalteng dalam rangka memenuhi ketentuan Peraturan OJK Nomor 12/POJK.03/2021, untuk penguatan modal yang dianggarkan sampai dengan 2024, dengan total anggaran sebesar Rp. 523 Miliar, yang mana pada tahap kedua pada Tahun Anggaran 2022 untuk penyertaan modal Bank Kalteng dianggarkan sebesar Rp.130,6 Milyar. Kemudian berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 910/3037/Polpum, tentang Dukungan Anggaran Pilkada dan Pemilu Tahun 2024, bahwa dalam rangka penyediaan dana secara bertahap untuk Pemilu serentak Tahun 2024, maka mulai anggaran 2022-2024 akan dianggarkan pembentukan dana cadangan dalam rangka Pilkada pada komponen Pembiayaan Daerah, yaitu sebesar Rp. 150 Miliar setiap tahunnya selama 3 tahun.

“Belanja Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2022, dengan beberapa perubahan mengikuti kondisi sosial masyarakat saat ini, tentunya akan tetap diarahkan pada pemenuhan urusan wajib pada bidang-bidang tertentu. Yang sudah diamanatkan dalam Undang-Undang serta beberapa program prioritas pembangunan, diantaranya ditujukan untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, peningkatan kapasitas dan kualitas pelayanan publik disertai penambahan dan pengembangan sarana dan prasarana yang semakin baik, guna terciptanya sistem pelayanan publik berkualitas,” pungkas Edy.

Wagub didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalteng Lies Fahimah, Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Andy Arsyad, dan Kepala Bappeda Litbang Yuren S. Bahat. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!