Kalimantan TengahKalteng Barigas

KALTENG BERSIAP ANTISIPASI OMICORN

“Kita sudah perintahkan semua rumah sakit dan puskesmas segera melaporkan uji sampel jika ditemukan dugaan virus Omicorn. Tapi sejauh ini Omicorn belum masuk Kalteng," jelasnya.

FOTO : Kepala bidang Pelayanan Kesehatan atau Yankes Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Sofia Wirda.

 

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Perkembangan virus omicron tampaknya ikut diwaspadai dan diantisipasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Melalui Dinas Kesehatan , semua fasilitas kesehatan baik rumah sakit atau puskesmas diminta untuk melaporkan jika ada gelagat penyebaran virus omicron.

Kepala bidang Pelayanan Kesehatan atau Yankes Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Sofia Wirda, Kamis (23/12/2021) menyebut, jajaran kesehatan kini tengah merapatkan barisan untuk segera mengendus dan melacak penyebaran omicron di Kalimantan Tengah. Segenap Puskesmas hingga Rumah Sakit kini diminta untuk segera mengirim uji sampel melalui metode sequencing jika ada dugaan virus omicron di setiap dfasilitas ksehatan di daerah. Nantinya pasien atau orang yang diduga terpapar virus omicron akan diterapkan protokol seperti karantina dan sebagainya. Selain itu, pihak dinas Kesehatan Kalimantan Tengah akan memperketat protokol kesehatan layaknya seperti awal covid 19 terjadi.

“Kita sudah perintahkan semua rumah sakit dan puskesmas segera melaporkan uji sampel jika ditemukan dugaan virus Omicorn. Tapi sejauh ini Omicorn belum masuk Kalteng,” jelasnya.

Menyikapi penyebaran virus omicron ini, memang perlua danya sikap waspada , kehatian hatian namun tidak perlu panic dan kawatir berlebihan. Langkah antisipasi seperti layaknya pengambilan sampel layak diapresiasi sebagai langkah untuk menghambat penyebaran Covid 19. (AW/SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!