Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Sebelum Masuk IPDN Para Peserta Dilatih Terlebih Dulu

"Wasana Praja Muhammad Faudy Pratama IPDN sebagai narasumber," pinta Supawardani A. Batur, Senin (20/12/2021). 

Foto : para perserta yang mengikuti pelatihan sekolah kedinasaan IPDN

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur, mengadakan bimbingan dan pelatihan sekolah kedinasan salah satunya. Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN), kepada siswa-siswi kelas XI dan XII dari beberapa Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Barito Timur, untuk kegiatannya dilaksanakan di Aula BKPSDM Kabupaten Barito Timur.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Barito Timur, Forty Riciyannu, melalui Kasi Kelembagaan Pemuda dan Olahraga, Supawardani A. Batur, menjelaskan dalam bimbingan dan pelatihan sekolah kedinasan itu Disbudparpora meminta.

“Wasana Praja Muhammad Faudy Pratama IPDN sebagai narasumber,” pinta Supawardani A. Batur, Senin (20/12/2021).

Dijelaskan Dani, panggilan akrab Supawardani A. Batur, untuk Faudy sendiri nantinya membahas tentang pendidikan di Institut Pemerintah Dalam Negeri. Dimana untuk saat ini saudara Muhammad Faudy Pratama masih menjadi Praja IPDN tingkat 4 (empat).

Bukan cuma Muhammad Faudy Pratama, Disbudparpora juga meminta untuk alumi IPDN angkatan tahun 2015 dari Ikatan Keluarga Alumi Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kabupaten Barito Timur, Muhammad Basri, menjadi narasumber untuk beberapa materi diantaranya.

“Tahapan tes seleksi samapta atau tes fisik seperti lari 12 menit, pus up, sit up, pull up untuk laki-laki, chining untuk perempuan, dan lari angka delapan (shuttle run) kata Basri. Dani juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana pengenalan tentang IPDN.

“Faudy menyampaikan tentang siklus rutin kehidupan Praja dari bangun tidur Pukul 04.00 WIB sampai dengan tidur kembali Pukul 22.00 WIB, tidak lupa Faudy menyampaikan tentang beberapa pakaian Dinas yang dikenakan dalam keseharian Praja dikampus,” ujar Dani.

Selain itu juga, Faudy membagikan pengalaman dan gambaran rangkaian kegiatan tes Samapta sewaktu sebagai calon Praja IPDN dulu.

Selanjutnya, Basri mengatakan, kegiatan bimbingan dan pelatihan ini berjalan dengan tertib dan lancar. Kata Basri juga, untuk atensi dari perserta sangat besar. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya tanya jawab antara perserta dan pemateri sehingga terjadi diskusi tentang kehidupan di Kampus IPDN sehari-hari.

“Usai kegiatan ini, semoga bisa menambah minat pelajar di Kabupaten Barito Timur, yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan,” demikian. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!