Gunung Mas

Dinsos Gumas Belum Miliki Rumah Singgah

Foto : Kepala Dinas Sosial Gunung Mas, Jhonson Ahmad

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM-Belum adanya fasilitas rumah singgah yang layak sebagai tempat menampung penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), masih menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas).

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Sosial setempat, Jhonson Ahmad, tidak menepis jika rumah singgah sangat dibutuhkan. Namun, karena keterbatasan anggaran keberadaan fasilitas rumah singgah belum sepenuhnya terealisasi.

“Rumah singgah ini sudah menjadi program Dinsos, Hanya saja anggaran yang ada masih tidak mencukupi,”beber Jhonson, Kamis (10/2/2022), di ruang kerjanya.

Lebih jauh Jhonson menuturkan, sebelumnya ada salah satu anggota DPRD Gunung Mas yang ingin membantu merealisasi rumah singgah melalui dana aspirasi. Tapi sayangnya sampai sekarang masih belum terwujud.

Dijelaskan, keberadaan rumah singgah dalam program Dinsos, bertujuan sebagai ‘Rumah Bina Hati’, yang berfungsi sebagai tempat menangani PMKS. Termasuk penanganan bagi orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), orang terlantar hingga orang yang memiliki keterbelakangan mental.

“Contoh belum lama ini, ada warga Kecamatan Damang Batu, terlantar di Kota Palangka Raya. Oleh Dinsos Provinsi Kalteng, dikembalikan ke pihak Dinsos Gumas. Namun karena belum ada penampungan, terpaksa kami kirim ke keluarganya saja,”tutur Jhonson.

Maka itu ungkap dia, pentingnya suatu daerah memiliki fasilitas rumah singgah. Karena di dalamnya ada pengaturan petugas atau pegawai khusus yang menjaga serta menyiapkan kebutuhan bagi mereka yang ditampung dirumah singgah.

Selebihnya, mantan Camat Miri Manasa ini mengharapkan, fasilitas rumah singgah itu dapat terealisasi sehingga dapat menjadi tempat dalam penanganan PMKS dan permasalahan sosial lainnya.

“Semoga saja kedepan untuk rumah singgah ini dapat terealisasi, sehingga kegunaanya dapat menampung masyarakat yang mengalami PMKS, dan kegunaannya lain. (spt/sst)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *