Kotawaringin Timur

Upayakan Status RSUD dr Murjani Sampit Menjadi Tipe A

"Saya harap pembenahan terus dilakukan oleh pihak RSUD dr Murjani Sampit, agar nantinya bisa naik menjadi tipe A. Untuk meraih pencapaian itu saya me­minta kepada pelaksana tugas Direktur RSUD dr Murjani Sampit yang saat ini menjabat agar benar-benar bekerja dengan baik, Beri­kan pelayanan kesehatan maksi­mal terhadap masyarakat kita," kata Halikin Jumat (18/2/2022).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H Halikinnor berharap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Murjani Sampit meningkat menjadi tipe A. Tujuannya agar rumah sakit anda­lan daerah dan juga termegah di Kalimantan Tengah ini menjadi ru­jukan pengobatan bagi kabupaten tetangga, terutama warga Kotim.

“Saya harap pembenahan terus dilakukan oleh pihak RSUD dr Murjani Sampit, agar nantinya bisa naik menjadi tipe A. Untuk meraih pencapaian itu saya me­minta kepada pelaksana tugas Direktur RSUD dr Murjani Sampit yang saat ini menjabat agar benar-benar bekerja dengan baik, Beri­kan pelayanan kesehatan maksi­mal terhadap masyarakat kita,” kata Halikin Jumat (18/2/2022).

Dirinya juga meminta jajaran RSUD dr Murjani Sampit menin­gkatkan komunikasi yang efektif dengan para pasien serta meng­hormati hak pasien. Pelayanan juga harus mengutamakan kes­elamatan dan keamanan pasien dengan menghindari tindakan yang menyimpang dari standar prosedur operasional yang ber­laku dan yang menyimpang dari etika profesi.

“Saya meminta manajemen RSUD dr Murjani menyeleng­garakan tata-kelola rumah sakit yang baik yaitu dengan mener­apkan fungsi-fungsi manajemen rumah sakit yang berdasarkan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, independensi, responsibilitas, kesehatan dan kewajaran,” ujar Halikin

Selain itu menyelenggara­kan tata kelola klinis yang baik yaitu dengan menerapkan fungsi manajemen klinis yang meliputi kepemimpinan klinik, audit kli­nis, data klinis, risiko klinis ber­basis bukti, peningkatan kinerja pengelolaan keluhan, penerapan mekanisme monitor hasil pelay­anan, serta pengembangan pro­fesionalisme rumah sakit.

“Tahun 2019 kemarin RSUD dr.Murjani Sampit berhasil meraih predikat utama tentang penilaian akreditasi, tahun 2023 nanti rumah sakit kita akan kembali bersiap menghadapi penilaian akredi­tasi, saya berharap pada 2023 nanti rumah sakit kita ini dapat meraih predikat paripurna, dan bisa naik ke tipe A,” harap Halikin.

Ia juga meminta agar pelayanan kemoterapi dan cuci darah bisa tersedia dalam waktu dekat ini. Begitu juga dengan ruangan baru RSUD harus segera difungsikan, karena pemerintah daerah sangat serius mengembangkan RSUD dr Murjani. Tujuannya untuk me­ningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Karena rumah sakit bersentu­han langsung dengan kepentingan kesehatan masyarakat, saya ingin agar pelayanan dapat diberikan lebih baik lagi dan lebih lengkap, dan masyarakat yang sakit bisa terlayani, dan tidak lagi dirujuk ke Palangka Raya atau Banjarmasin,” ucap Halikin. (ib/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *