Kotawaringin Timur

Wabup Kotim Panen Perdana Semangka di Desa Pelantaran

"Saya kemarin melakukan silaturrami dengan para petani yang ada di Desa Pelantaran, sekaligus menghadiri panen perdana buah semangka hasil kebun H Tajudinnor, yang luasan sekitar dua hektar dan mengahasilkan enam ton buah semangka," kata Wakil Bupati Kabupaten Kotim Irawati, Jumat (4/2/2022).

GERAKKALTENG.COM – SAMPIT – Wakil Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati melakukan silaturrahmi  dengan sejumlah kelompok petani yang ada di Desa Pelantaran Kecamatan Cempaga Hulu, baik dari kelompok petani kelapa sawit,  petani jambu kristal, petani porang, petani sayur dan buah-buahaan.

“Saya kemarin melakukan silaturrami dengan para petani yang ada di Desa Pelantaran, sekaligus menghadiri panen perdana buah semangka hasil kebun H Tajudinnor, yang luasan sekitar dua hektar dan mengahasilkan enam ton buah semangka,” kata Wakil Bupati Kabupaten Kotim Irawati, Jumat (4/2/2022).

Dirinya juga memberikan dukungan serta motivasi kepada para petani agar berusaha bangkit, karena para petani juga bisa membantu memulihkan perekonomian pasca Pandemi Covid-19, dan teryata buah semangka juga bisa meningkatkan inflasi, selain cabe dan bawang untuk Indonesia.

“Kami akan terus dukung kegiatan-kegiatan sektor pertanian di Kabupaten Kotim ini, dan saya juga mengapreasiasi terobosan yang dilakukan para petani buah semangka yang ada di Desa Pelantaran tersebut,” ajar Irawati.

Dirinya mengharapkan masyarakat juga dapat memanfaatkan areal-areal yang kurang produktif di daerah masing-masing untuk menggali komoditi yang menghasilkan, baik itu buah-buahan, sayuran ataupun yang lainnya, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kabupaten Kotim ini memiliki potensi terhadap pertanian tidak hanya dikenal sebagai penghasil komoditas pangan, namun juga komuditas hortikultura, apa yang dilakukan para petani bisa menjadi contoh bagi petani lainnya dalam memanfaatkan lahan yang tidak terpakai untuk sumber penghasilan yang menguntungkan,” ucap Irawati.

Ia juga juga meminta Dinas Pertanian agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah ataupun lahan yang kosong untuk bisa digunakan sebagai lahan pertanian buah-buahan serta sayuran yang sangat besar manfaatnya. (ib/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *