DPRD Kalimantan TengahHEADLINE

DPRD Kalteng Dambut Baik Kebijakan ETLE 

“Dengan ETLE ini pula, setiap tilang yang diberlakukan juga masuk ke kas Negara dengan lebih akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan," jelasnya. 

FOTO : Anggota Komisi I DPRD Kalteng, Sirajul Rahman. 

 

GERAKKALTENG.COM – PALANGKA RAYA – Kalangan dewan Kalimantan Tengah menyambut baik diberlakukannya tilang elektronik berjuluk Elektronik Traffic Law Enferomence (ETLE) lantaran dinilai banyak manfaat yang didapat. Seperti mengurangi kecelakaan lalu lintas, pengaturan lalu lintas yang lebih efektif hingga tranparansi dalam memberlakukan tilang.

Anggota Komisi I DPRD Kalteng, Sirajul Rahman mengungkap bahwa tilang elektronik ETLE ini baik untuk mengatur lalu lintas, mengurangi tingkat kecelakaan, dan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas. Sehingga pengguna jalan bisa lebih berhati hati dan baik untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran lalu lintas. Selain itu, penggunaan ETLE ini meminimalisir adanya pungutan liar dan penyimpangan yang bisa terjadi dalam hal pemberlakukan tilang. Sehingga pemberlakuan tilang juga lebih transparan dan memiliki bukti valid.

“Dengan ETLE ini pula, setiap tilang yang diberlakukan juga masuk ke kas Negara dengan lebih akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan,” jelasnya.

Sementara itu, seorang pengamat kebijakan publik, Ferry Setiawan mengungkap, ETLE ini merupakan sebuah terobosan yang cukup cerdas tinggal bagaimana pemberlakuannya diterapkan.

“Sehingga masalah teknis di lapangan dan pelanggaran di Kota Palangkaraya bisa lebih diminimalisir,”  jelasnya.

Penerapan ETLE atau tilang elektronik ini tampaknya akan sangat banyak membantu petugas lalu lintas untuk mendisiplinkan dan menertibkan pengguna jalan pada ketaatan berlalu lintas. Diharapkan, penerapan ETLE ini berjalan maksimal dan efektif sesuai tujuan yang diinginkan. (AW/Sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *