DPRD KatinganKalimantan TengahKatingan

Makam Pahlawan Minun Dehen Diresmikan Bupati Katingan

Foto : Bupati Katingan Sakariyas saat berfoto di makam pahlawan Minun Dehen di Samba Danum, Kecamatan Katingan Tengah.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas meresmikan makam pahlawan Minun Dehen yang berada di Desa Samba Danum, Kecamatan Katingan Tengah, kamis (25/3/2022).

Minun Dehen merupakan salah satu pahlawan Gerakan Revolusi Rakyat Indonesia (GRRI) yang gugur di pertempuran Danau Mare pada 24 agustus 1949 saat bertempur dengan pasukan Koninkijk Nederland Indische Leger yang biasa disebut KNIL (Pasukan Belanda).

“Minun Dehen ini merupakan salah satu pejuang yang ikut mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,”Ucap Sakariyas.

Sakariyas mengatakan bahwa makam Minun Dehen ini akan menjadi cagar budaya, sehingga menjadi kewajiban Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memelihara serta menjaga makam tersebut baik dari segi kebersihan serta lingkungan makam tersebut.

Menurut Bupati penghargaan terhadap para pahlawan yang gugur untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) salah satunya yaitu melakukan perbaikan dan menjaga dengan baik makam para pahlawan.

“Harapannya seluruh warga Katingan terkhusus warga Tumbang Samba bisa menjaga dengan baik makam pahlawan yang ada disini,”Pintanya.

Dijelaskan Bupati bahwa sebelumnya pihak Pemkab Katingan sudah berkali-kali melakukan pendekatan dengan pihak keluarga Minun Dehen , untuk memindahkan makam Minun Dehen ke makam pahlawan yang ada Ibukota Kabupaten. Namun pihak keluarga tetap mempertahankan agar makam pahlawan Minun Dehen tatap berada di Samba Danum.

Dalam rangkai peresmian makam pahlawan itu juga, Bupati menandatangani prasasti yang ada di makam Minun Dehen.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *