DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Operasi Pasar Skema Subsidi Perlu Dioptimalkan

FOTO : Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mendorong pemerintah setempat untuk melakukan langkah antisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang ramadan.

“Langkah antisipasi itu melalui kebijakan yang tepat. Seperti operasi pasar murah yang disertai dengan mengoptimalkan pengawasan,” ungkapnya, Jumat (11/3/2022).

Namun baiknya sambung Sigit, pemerintah harus jauh-jauh hari sudah menggelar operasi pasar murah untuk semua jenis kebutuhan pokok. “Terutama menjelang puasa ramadan. Maka ada baiknya dilaksanakan operasi pasar sembilan bahan pokok,” cetusnya.

Disisi lain harus disadari kata dia, persoalan penting dalam memenuhi ketersediaan barang kebutuhan pokok, terutama menjelang dan selama ramadan adalah bagaimana menjaga pasokan tetap tersedia secara merata dengan harga yang stabil dan terjangkau oleh masyarakat.

“Kalau pemerintah sudah menyediakan paket sembako murah pastinya ketersediaan dan harga di pasar tetap stabil. Karena masyarakat tidak akan belanja secara berlebihan jika sudah terpenuhi kebutuhannya,” ujar Sigit.

Pada satu sisi lanjut pria yang kini menjabat sebagai Sekretaris PDI Perjuangan Provinsi Kalteng ini, pemerintah tidak cukup hanya memastikan kebutuhan pokok tersedia di pasaran saja, namun diperlukan langkah konkret agar masyarakat mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga yang jauh lebih murah.

Ketua Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) ini berpandangan, skema subsidi bisa diterapkan seperti upaya pemerintah yang kemarin mengatasi kelangkaan dan tingginya harga minyak goreng.

“Intinya, mengatasi kelangkaan bahan pokok ini tidak hanya terkait minyak goreng saja, namun pada semua bahan pokok yang selama ini menjadi kebutuhan dasar masyarakat,” pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *