DPRD Kota Palangka RayaHEADLINEPalangka Raya

USBN Sebagai Instrumen Prestasi Belajar Peserta Didik

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Peserta didik tingkat SD/SMP sederajat di Kota Palangka Raya saat ini tengah melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Diharapkan hasil yang dicapai dari pelaksanaan ujian tersebut menjadi pedoman dari proses kualitas pendidikan yang dilakukan selama ini.

“USBN ini menjadi gambaran sekaligus instrument awal hasil prestasi belajar anak didik, serta menjadi alat ukur dalam peningkatan kualitas serta mutu pendidikan di Palangka Raya,”ungkap Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, usai melakukan peninjauan USBN tingkat SD/SMP sederajat, bersama dengan Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin, disejumlah sekolah di Palangka Raya,Senin (22/4/2019).

Menurut Sigit, jika melihat tujuan dari USBN itu sendiri tidak lain untuk melihat pencapaian kompetensi pendidikan secara nasional pada mata pelajaran yang sudah ditetapkan pada satuan pendidikan.

Dari hasil yang dicapai kata dia,setidaknya menjadi bahan evaluasi, terutama melihat kendala-kendala serta kekurangan yang ada, dari kinerja pada satuan pendidikan disekolah itu sendiri.

“Ya, intinya kita ingin USBN tahun ini bisa sukses.Baik sukses pelaksanaan dan juga sukses hasil pembelajaran atas pendidikan yang dilakukan,”harapnya.

Lebih lanjut Sigit mengatakan, jika upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Palangka Raya saat ini telah diupayakan dengan baik oleh setiap lembaga pendidikan.

Namun demikian, kualitas pendidikan dinyatakan berhasil apabila pendidikan peserta didik dari suatu proses pembelajaran mampu dicapai dengan hasil yang baik

“Kunci penting adalah bagaimana sekolah melalui tenaga pendidik mempersiapkan mental dan kualitas belajar para peserta didiknya.Bila ini bisa dilakukan, maka pasti hasilnya akan terlihat,”tandasnya.

Melalu USBN ini tambah Sigit, setidaknya menjadi bahan pertimbangan bagi penyelenggra pendidikan di Palangka Raya, terutama dalam hal pemetaan mutu hasil belajar sekaligus sebagai umpan balik bagaimana mencari pola dan sistem pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!