Palangka Raya

Gloriana : Ini Tips Rumah Aman Ditinggal Mudik Lebaran

BROSUR : Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya, mengeluarkan brosur antisipasi dini bahaya kebakaran. Foto Ist

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya, Gloriana Aden, mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi dini bahaya kebakaran, dan ancaman aksi kriminal saat rumah ditinggal dalam keadaan kosong.

Melalui tipsnya, Gloriana berpesan kepada masyarakat agar memeriksa kembali seisi rumah sebelum meninggalkan dalam keadaan kosong. Termasuk memastikan kabel peralatan elektronik telah tercabut, rapikan kabel-kabel listrik yang tertumpuk/berantakan, pastikan kompor gas dalam keadaan mati dan regulator dalam posisi terlepas dari tabung gas.

Selain itu,, dipastikan pula kran air dalam keadaan tertutup. Lalu, pastikan obat nyamuk dan puntung rokok dalam keadaan tidak menyala. Simpan benda/barang berharga ditempat yang tidak mudah diketahui oleh orang lain, dan pastikan pintu rumah dan jendela dalam keadaan terkunci.

“Apabila masyarakat membutuhkan bantuan, segera hubungi layanan panggilan darurat di nomor 112 untuk penanganan lebih lanjut. Layanan cepat dan tanpa dipungut biaya,” ungkap Gloriana, Senin (25/04/2022).

Terlepas dari itu lanjut dia, DPKP Kota Palangka Raya akan selalu siap sedia memberikan penyelamatan, karena DPKP kota selama kurang lebih lima tahun ini telah membentuk tim resque (Air, Udara, Darat dan Animal Resque).

Artinya selain melakukan upaya pemadaman, DPKP melalui tim Resque tersebut siap membantu masyarakat. Seperti menyelamatkan anak tenggelam, ular masuk rumah ataupun gangguan hewan liar lainnya, menyelamatkan aset harta benda dan lain sebagainya.

“Saya mengimbau masyarakat, untuk mencegah dini potenai terjadinya potensi kebakaran. Lakukanlah sebagaimana tips yang sudah disampaikan,” pungkas Gloriana. (VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *