Kalimantan TengahPalangka Raya

FBIM 2022, Kebangkitan Seni Budaya dan Pariwisata

KARNAVAL BUDAYA : Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama wakilnya H. Edy Pratowo, melepas secara langsung karnaval budaya, menandai dibukanya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Provinsi Kalteng tahun 2022, Selasa (17/5/2022), di Palangka Raya. Foto Ist

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya- Pawai atau karnaval budaya menandai dibukanya Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Provinsi Kalteng tahun 2022, Selasa (17/5/2022), di Palangka Raya.

Arak-arakan peserta karnaval budaya yang terdiri dari mobil hias dan pejalan kaki yang dibalut dengan tampilan (eksotika) beraneka ragam ornamen dan alunan musik khas Dayak, ditunjukkan di hadapan ribuan masyarakat yang sejak tengah hari sudah tumpah ruah memadati seputaran kawasan Bundaran Besar, dan Jalan Yos Sudarso serta Jalan Thamrin Palangka Raya.

Karnaval budaya itu sendiri diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari utusan kabupaten/kota se-Kalteng, perangkat daerah Provinsi Kalteng, perangkat daerah Kota Palangka Raya, sanggar/paguyuban, organisasi masyarakat, swasta, perguruan tinggi dan sekolah-sekolah

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama wakilnya H. Edy Pratowo, melepas secara langsung karnaval budaya itu, ditandai dengan penabuhan Katambung dan mengibarkan bendera star, yang mengambil tempat di Bundaran Besar Kota Palangka Raya.

Sementara itu dalam sambutannya sebelum melepas peserta karnaval budaya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, FBIM ini merupakan even besar seni budaya dan kearifan lokal masyarakat Kalteng, sekaligus merupakan rangkaian memperingati hari jadi Provinsi Kalteng yang tahun ini memasuki usia ke-65 tahun.

“Alhamdulillah, setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19, kini Pemerintah Provinsi Kalteng kembali bisa menggelar FBIM yang berlangsung 17-22 Mei 2022. Ini merupakan kebangkitan seni budaya dan pariwisata Kalteng,”ungkapnya.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Adiah Chandra Sari menyampaikan, FBIM tahun 2022 ini, diikuti 13 kabupaten dan 1 kota se Kalteng.

“FBIM ini masuk dalam 110 event terpilih nasional yang dikenal dengan nama Kharisma Event Nusantara tahun 2022,oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” bebernya.

Lanjut disebutkan, ada 17 cabang yang dilombakan dalam FBIM 2022 kali ini, yaitu Lomba Maneweng, Manetek, dan Manyila Kayu; Lomba Habayang; Lomba Jukung Tradisional; Lomba Besei Kambe; Lomba Sepak Sawut; Lomba Mangenta; Lomba Karungut; Lomba Balogo; Lomba Tari; Lomba Malamang; Lomba Lawang Sakepeng; Lomba Lagu Daerah; Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata; Lomba Manyipet; Lomba Mangaruhi; Lomba Vlog; serta Lomba Karnaval Budaya.

“Selain 17 cabang lomba tersebut, pada saat acara penutupan akan dilaksanakan Festival Mangenta, yaitu salah satu tradisi khas suku Dayak Kalteng dalam mengolah makanan. Kegiatan Mangenta ini akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia karena dalam pelaksanaannya diikuti banyak peserta,” papar Adiah.

Turut hadir dalam pelepasan karnaval tersebut bupati/wali kota se-Kalteng, Stap Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dadang Rizki, anggota DPR RI perwakilan Kalteng, unsur Forkompimda, DAD Kalteng, kepala OPD di lingkup Pemprov Kalteng, serta para tamu undangan lainnya. Tampak terlihat istri Gubernur, Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran dan istri Wakil Gubernur Hj. Nunu Andriani Edy Pratowo.(VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *