DPRD Gunung MasGunung Mas

Pemkab Gumas dan YBNI Foundation Teken Kerjasama

TEKEN KERJASAMA : Bupati Gumas, Jaya S Monong bersama Yayasan Borneo Nature Indonesia (YBNI) Foundation, saat menandatangani nota kesepakatan di Palangka Raya. Foto Ist

GERAKKALTENG. com – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas menjalin kerjasama dengan Yayasan Borneo Nature Indonesia (YBNI) Foundation.

Kerjasama itu ditandai dengan diadakanya nota kesepakatan kedua belah pihak. Adapun bentuk kerjasama itu berupa penelitian, konservasi dan pemberdayaan masyarakat di wilayah Gunung Mas (Gumas).

Bupati Gumas Jaya S Monong mengatakan, nota kesepakatan bersama ini diharapkan dapat menguatkan kapasitas, khususnya bagi pemangku kepentingan dalam rangka pengelolaan konektifitas hutan serta keanekaragaman hayati, serta penguatan kapasitas masyarakat dalam perlindungan dan pelestarian.

“Kita harus mengetahui bagaimana cara pemanfaatan sumber daya alam (SDA) yang terbentang di daerah alam Rungan dan Kahayan, sehingga kedepannya bagi pemangku kepentingan bisa mengelola konektifitas hutan hingga keanekaragaman hayatinya,” ucap Jaya S Monong, Jumat (27/5).

Tidak hanya sampai disitu saja, dalam kesepakatan bersama ini dimaksudkan, upaya untuk mendukung pembangunan Kabupaten Gumas melalui kegiatan, konservasi maupun bidang pemberdayaan masyarakat serta isu lingkungan lainnya khususnya di antara Sungai Rungan dan Sungai Kahayan.

“Kesepakatan bersama ini sebagai upaya mengembangkan dan memperkuat jaringan kerja sama para pihak dalam pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” tambahnya.

Kedepan tambah Jaya, semua pihak diharapkan untuk bersama-sama merumuskan kajian ilmiah yang diperlukan guna menguatkan kapasitas pemangku kepentingan dalam rangka pengelolaan konektifitas hutan serta keanekaragaman hayati.

“Tak kalah pentingnya penguatan kapasitas masyarakat dakam perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan SDA. Khususnya di bentang alam Rungan-Kahayan. Artinya itu bisa menjadi sumber manfaat untuk pembangunan di Gumas,” pungkasnya.(sst/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!