DPRD Gunung MasGunung Mas

Pencanangan BIAN Dibuka Bupati dan Serahkan Piagam

BERSINERGI : Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Kapolsek Kurun di Gedung Christian Centre Kuala Kurun, Jumat (20/5). Foto Red

GERAKKALTENG. com – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas menggelar pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dan penyerahan piagam penghargaan capaian vaksinasi Covid-19.

Program pencanangan ini merupakan program prioritas dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, yakni berdasarkan Keputusan Menkes No HK. 01.07/MENKES/1113/2022 tentang penyelenggaraan BIAN Tahun 2022, yang merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya penyakit menular.

“Pencanangan BIAN ini, salah satu bentuk nyata dan komitmen pemerintah untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya untuk menurunkan angka kematian pada anak, dan hari ini juga kami langsung menyerahkan piagam penghargaan capaian vaksinasi Covid-19,” ucap Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, Jumat (20/5/2022).

Perlu diketahui jelas Jaya, kegiatan imunisasi diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 1956. Kemudian, tahun 1977 imunisasi diperluas menjadi Program Pengembangan Imunisasi (PPI) dalam rangka pencegahan penularan terhadap beberapa Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD31) yaitu Tuberkulosis, Difteri, Pertusis, Campak, Polio, Tetanus serta Hepatitis B.

Sementara itu lenyakit saat ini yang menjadi perhatian dunia dan merupakan komitmen global yang wajib diikuti oleh semua negara adalah eradikasi polio (ERAPO), bulan eliminasi campak dan rubela dan Eliminasi Tetanus Maternal dan Neonatal atau ETMN.

“Karena itu perlu komitmen dalam mencapai eliminasi Campak dan Rubella pada tahun 2023 dan memepertahankan status bebas polio,”tukasnya.

Harus disadari tambah Jaya, di masa pandemi Covid -19, pelaksanaan imunisasi rutin tidak berjalan optimal sehingga terjadi penurunan cakupan imunisasi.

“Penurunan cakupan itu memang secara signifikan mengakibatkan timbulnya Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Maka dari itu perlu dilakukan pencanangan BIAN itu,”tandasnya.(sst/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *