HEADLINEKatingan

Jalin Koordinasi, Pj. Bupati Gelar Silahturahmi Dengan FKUB Katingan

KASONGAN – Penjabat (Pj) Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.SI melaksanakan silahturahmi dengan  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Katingan, di ruang rapat Rumah Jabatan Bupati Katingan, Kamis (28/09/2023). Hadir pula kala itu, Asisten I Setda Katingan Hariawan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Katingan George Heplin Edwar Doddy dan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Katingan, Markus.

Saat membuka pertemuan, Kepala Kesbangpol menyampaikan bahwa makna silahturahmi ini begitu besar dan sungguh tak ternilai. Terutama untuk lebih memperkuat rasa kekeluargaan, jiwa persaudaraan, meningkatkan toleransi dan kesepahaman dalam menyikapi berbagai tantangan yang senantiasa menyertai segala aspek kerukunan umat beragama, sehingga berdampak serius dan cukup memprihatinkan.

“Perlu kiranya juga saya sampaikan, bahwa silaturahmi ini merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana evaluasi, introspeksi, serta penyaluran dinamika aspirasi, antara Pemerintah Kabupaten Katingan dengan FKUB Kabupaten Katingan. Tujuannya, untuk memperkuat hubungan antara pemerintah daerah dan masyarakat beragama dalam upaya memelihara keamanan serta mempromosikan kerukunan antarumat beragama di wilayah Kabupaten Katingan,” jelas Doddy.

Sementara Pj Bupati mengungkapkan, bahwa peran FKUB sangat vital sebagai penghubung dan penyelaras dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ketika ada persoalan terkait dengan tindakan mengarah ke SARA, penyelesaiannya sangat sulit. Oleh sebab itu, FKUB sangat penting sebagai wadah dalam meredam apa yang terjadi.

“Kita harus memaksimalkan fungsi FKUB ini, melalui Badan Kesbangpol Kabupaten Katingan agar dapat berkoordinasi supaya berjalan dengan baik. Forum inilah yang akan menjadi tempat penyelesaian permasalahan yang ada di Kabupaten Katingan,” tutur Saiful.

Menangapi permasalahan yang terjadi pada beberapa daerah yang tidak memiliki guru agama, Pj Bupati mengatakan perlu kirinya melakukan pembahasan khusus dengan kepala dinas terkait. Terutama, mengenai pengaturan penempatan tenaga guru pengajar dan melakukan inventarisasi sekolah mana yang tidak memiliki tenaga pengajar.

“Banyak sekolah yang tidak ada guru agama. Artinya, persoalan ketidaktepatan dalam petugas pengajar ini nanti perlu ada inventarisir sekolah mana saja yang seperti itu. Selain itu, perlu pembahasan khusus dengan kepala dinas terkait bagaimana mengatur tenaga guru pengajar itu kita harus dalami agar dapat diambil keputusannya,” tegas Saiful.

Kepala Forum Kerukunan Umat Beragam Kabupaten Katingan, Edy Rahmad Sosiawan menjelaskan beberapa program kegiatan yang akan dikerjakan dalam waktu mendatang. Program-program tersebut termasuk sosialisasi dalam rangka menghadapi tahun politik dan kunjungan FKUB Provinsi Kalimantan Tengah ke Kabupaten Katingan korwil 1 terjadwal pertengahan bulan Oktober.

“Apresiasi tinggi kami sampaikan kepada Penjabat Bupati atas kepedulian dan komitmen yang ditunjukkan oleh pemerintah daerah terhadap kerukunan umat beragama. Saya berharap pertemuan ini akan menjadi model bagi kerjasama yang lebih baik di masa depan dan akan membawa manfaat positif bagi seluruh warga Kabupaten Katingan,” imbuhnya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!