DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Budayakan Kembali Sikap Gemar Membaca

Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo "Generasi muda saat ini banyak yang menghabiskan waktu berjam-jam, hanya untuk menggunakan smartphone maupun gadget untuk berinteraksi dan bersosialisasi sehari-hari,".

GERAKKALTENG. com. – Palangka Raya – Pada era globalisasi saat ini, sikap gemar membaca dikalangan generasi muda saat dirasakan menurun. Hal itu diungkapkan oleh anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo.

“Generasi muda saat ini banyak yang menghabiskan waktu berjam-jam, hanya untuk menggunakan smartphone maupun gadget untuk berinteraksi dan bersosialisasi sehari-hari,”ungkap anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo, Minggu (31/7/2022).

Terlebih sambung legislator muda PDI Perjuangan ini mengatakan, lamanya anak-anak sekolah dalam menjalankan pembelajaran dengan sistem jarak jauh atau online, yakni selama dua tahun, akibat pandemi Covid-19, telah membawa dinamika tersendiri.

Terutama membuat anak didik, menjadi terlena menghabiskan waktu berjam-jam, hanya untuk menggunakan smartphone maupun gadget.

“Iya, harus kita akui perkembangan dan kemajuan jaman saat ini tidak bisa dihindari. Hanya saja hal terpenting, budaya membaca jangan sampai terlupakan,” tukas Sigit.

Dikatakan, membaca itu seperti pustaka ilmu dalam daya pikir manusia, yang tidak akan memberi daya efek negatif. Lain halnya ketika smartphone maupun gadget di andalkan untuk kehidupan sehari-hari, apabila tidak terkontrol dan digunakan dengan bijaksana maka dikhawatirkan malah akan merusak daya pikir anak-anak.

Disisi lain tambah Sigit, kurangnya sikap gemar membaca bagi kalangan generasi saat ini, tentu membuat beberapa aspek penting kehidupan seperti kebudayaan bangsa dan kearifan lokal menjadi kurang dipahami oleh banyak kaum muda

“Maka dari itu, upaya menumbuhkan sikap gemar membaca bagi generasi saat ini harus dilakukan. Sementara itu, pemerintah daerah tetap diharapkan untuk terus mengajak masyarakat untuk membudayakan sikap gemar membaca,” pungkasnya.(VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *