DPRD Gunung MasGunung Mas

Disdikpora Gumas Berikan Bimtek Penyusunan Laporan Dana BOS

MEMBUKA : Kepala Disdikpora Gunung Mas, Esra saat membuka kegiatan Bimtek di Kecamatan Tewah, Kamis (21/7/2022). Foto IST

GERAKKALTENG. com – Kuala Kurun – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olaraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) di zona IV Kecamatan Tewah. Bimtek itu terkait dengan penyusunan laporan dana BOS, Arkas, Sapras, Dapodik, khusus jenjang SD dan SMP.

Kepala Disdikpora Kabupaten Gumas Esra mewakili Bupati Gumas, Jaya S Monong mengatakan, kegiatan bimtek tersebut dalam rangka meningkatkan SDM bagi para pengelolaan dana bos, hingga data dapodik yang ada ditingkat SMP dan SD di Kecamatan Tewah.

“Pelaksanaan bimtek ini dalam rangka mewujudkan basis data tunggal, sehingga dapat tercipta tata kelola pendidik yang terpadu, maka menghasilkan data yang persentatif untuk memenuhi kebutuhan kementrian dan pemangku kepentingan lainnya,” kata Esra saat dikonfirmasi, Jumat (22/7/2022).

Disdikpora Gumas lanjut dia, akan terus mendukung peningkatan efisiensi, efektif, dan sinergi kegiatan pengumpulan data pokok yang terintegrasi dalam satu sistem pendataan, untuk digunakan oleh kementerian dan seluruh pemangku kepentingan data satuan pendidikan, data pendidik dan tenaga pendidik.

“Data peserta didik merupakan data yang bersifat individual, relasional dan merupakan salah satu bentuk data yang berkorelasi, untuk menjamin tersedianya data dan statistik pendidik yang lengkap benar, mutakhir dan akurat melalui data dapodik,” terangnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Wandra menjelaskan, kegiatan itu juga bertujuan untuk menyiapkan SDM yang bertugas sebagai operator dapodik sekolah, dalam peningkatkan informasi pendidikan terbaru. Maka sinkronisasi data sekaligus ditujukan untuk meningkatkan koordinasi pendayagunaan data untuk pembinaan dan pelaksanaan program yang terintegrasi dengan smart SDM.

“Peserta bimtek ini berjumlah 74 orang, terdiri dari operator dapodik SD dan SMP ada 19 orang, bendahara BOS SD dan SMP berjumlah 27 orang dan Kepsek SD dan SMP berjumlah 28 orang. Sementara jumlah sekolah yang ikut SD ada 27 dan SMP ada 9 sekolah. Bimtek dilaksanakan satu hari,” pungkasnya.(sst/sog).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *