EDUKASI & RISTEK

Perhatian Penuh Jadi Poin Andalan Layanan ‘Home Schooling’

“Keuntungan yang paling utama dari metode belajar dengan sistem homeschooling adalah anak mendapatkan perhatian penuh dari pengajar,” ujarnya, Rabu 27 Juli 2022.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Kegiatan homeschooling memang sudah lama ada di Indonesia, namun kegiatan belajar dengan metode ini baru dimulai di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pasca adanya pandemi Covid-19 yang melanda.

Dikatakan oleh Arief selaku Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Dinas Pendidikan (Disdik) Kotim, saat ini kegiatan homeschooling di Kotim baru ada satu lembaga yang menyediakan dan baru dirintis.

“Keuntungan yang paling utama dari metode belajar dengan sistem homeschooling adalah anak mendapatkan perhatian penuh dari pengajar,” ujarnya, Rabu 27 Juli 2022.

Ketika anak mampu mengikuti pelajaran, lanjutnya, ia bisa terus melanjutkan belajar ke tahap selanjutnya. Namun, jika ada materi yang kurang dimengerti, ia tetap bisa meminta pendidik untuk mengulang materi hingga akhirnya ia paham.

“Salah satu keunggulan lainnya dari homeschooling adalah fleksibilitas waktu belajar. Orangtua, anak, dan pengajar dapat saling merundingkan kapan waktu yang tepat untuk memulai belajar dan menentukan lama waktu belajar,” ungkapnya.

Bahkan kata Arief, orangtua juga dapat menyesuaikan jadwal mata pelajaran yang akan dipelajari dalam satu hari. Orangtua dan anak juga bisa bersama-sama menentukan sendiri topik, jadwal, durasi, hingga cara belajar yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan gaya belajar anak.

“Karena setiap anak memiliki bakat dan minat serta kemampuan mengolah informasi yang berbeda. Dengan homeschooling, metode belajar bisa lebih optimal untuk mengembangkan bakat anak sesuai keinginan dan kemampuannya,” pungkasnya. (Rik/Sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!