DPRD Kotawaringin Timur

Komisi III Dukung Pelestarian Adat dan Budaya Daerah

SAMPIT – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang Siswanto SH, sangat mendukung pelestarian budaya dan adat istiadat lokal di kabupaten setempat. Salah satunya yakni seni bela diri Kuntau Bangkui Salamad yang dinaunginya.

“Baru-baru ini saya secara pribadi langsung menyaksikan kegiatan seremonial kenaikan tingkat untuk peserta bela diri tradisional tersebut di Kecamatan Kota Besi. Tentunya acara tersebut merupakan bagian dari pengakhiran untuk murid yang sudah menempuh pelatihan Kuntau Bangkui Salamad ini,” ungkapnya.

Bahkan pria yang dinobatkan sebagai Dewan Pembina itu juga mengungkapkan Kuntau sendiri merupakan peninggalan leluhur yang harus tetap dilestarikan. Bahkan saat ini Kuntau Bangkui Salamat ini berinduk di Kota Sampit memiliki 14  ranting dengan jumlah anggota 1100  orang.

“Kami juga berharap kedepannya, perguruan ini akan berupaya untuk terus merekrut generasi-generasi muda Kotim terutama suku Dayak, kami ingin melestarikan seni dan budaya adat istiadat kita jangan sampai tergerus oleh zaman,” tutupnya. (erk/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!