DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Legislator Pelajari Penyelenggaraan PAUD

KUNKER : Anggota DPRD Kabupaten Tapin, Provinsi Kalsel saat melaksanakan kegiatan kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Palangka Raya. Foto Ist

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – DPRD Palangka Raya kembali mendapat para wakil rakyat dari provinsi tetangga. Kali ini sejumlah anggota DPRD Kabupaten Tapin, Provinsi Kalsel, yang datang guna melaksanakan kegiatan kunjungan kerja (Kunker).

Kunker jajaran Komisi II dan III DPRD Tapin tersebut diterima
Staf ahli DPRD Palangka Raya, M Saubari Kusmiran, mewakili unsur pimpinan dan anggota DPRD Palangka Raya, dimana pada waktu yang sama sedang melaksanakan kegiatan serupa keluar daerah.

“Agenda kunker yang dibawa anggota DPRD Tapin ini adalah terkait regulasi, penganggaran, penyelenggarana serta pengadaan dan peningkatan sarana prasarana kegiatan pendidikan dasar dan PAUD,” ungkap Saubari, usai pertemuan kunker, Selasa (9/8/2022).

Menurut Saubari, membahas terkait sektor pendidikan, baik PAUD dan pendidikan dasar di Kota Palangka Raya, maka telah diatur dalam Perda PAUD hingga Perda 23/2019 tentang lenyelenggaraan pendidikan dasar.

Adapun naskah akademik dan draf perda terkait pendidikan dasar dan PAUD di Kota Palangka Raya bersifat swakelola, dimana DPRD dilibatkan dalam menyusunnya sehingga regulasinya memenuhi keinginan para anggota DPRD

“Perlu diingat, dalam perda pendidikan dasar dan PAUD, harus memenuhi unsur muatan lokal agar generasi muda mengenal karakter lokal dan tak lupa dengan daerah dan asal usul serta budaya,” jelas Saubari.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Tapin, Rajudin Noor mengatakan, kehiatan kunker itu dimaksud untuk mengkaji lebih dalam bagaimana penyelenggaraan pendidikan dasar dan PAUD. Terutama penganggaran dan pemenuhan sarana serta prasarana.

“PAUD di Palangka Raya sudah bagus. Jumlahnya ada sekitar 70-an. Mereka sebagian dikelola pihak swasta, cuma ada beberapa saja yang dikelola pemko. Ini menarik bagi kami untuk meniru bagaimana menggerakan masyarakat dan swasta” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Tapin, Irnawati yang turut mengikuti kunker itu, mengaku sangat tertarik dengan upaya Pemko Palangka Raya dalam memajukan pendidikan khususnya PAUD yang banyak dikelola swasta. ia berharap melalui kunker itu bisa menambah wawasan pihaknya dalam membantu pengembangan PAUD di Tapin. (VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!