Gunung Mas

Atasi Lonjakan Harga, Pemkab Gumas Buka Pasar Penyeimbang

KUALA KURUN – Rangka mengatasi inflasi dan kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) setempat menggelar pasar penyeimbang di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir (TTA), Kecamatan Kurun.

Wakil Bupati Gumas Efrensia LP Umbing mengatakan, pasar penyeimbang tersebut dilakukan rangka mengatasi dampak kenaikan harga yang sekarang dirasakan masyarakat. Kenaikan harga ini dipengaruhi oleh adanya kenaikan harga BBM, Perang dan pengaruh pandemi sebelumnya.

“Cukup baik kalau kami melihat antusias masyarakat denagn adanya pasar penyeimbang ini. Tujuan dari pasar ini juga rangka mengatasi inflasi kenaikan harga-harga, sebagai dampak dari berbagai masalah yang dihadapi baik secara nasional maupun internasional,” ucap Efrensia LP Umbing, dibincangi, Rabu (28/9/202).

Dengan berbagai pengaruh tadi sebutnya, mempengaruhi inflasi yang cukup tinggi, sehingga inovasi dilakukan DPKP dengan melaksanakan pasar penyeimbang dari harga pasaran. Maka kedepan, tidak terlalu mempengaruhi harga di pasar dan tidak melambung cukup signifikan efeknya.

“Ini yang dijual, dengan harga murah dari pasar. Karena kita berikan subsidi, disamping itu kita juga membantu para petani untuk memasarkan hasil-hasil pertanian mereka dalam arti luas, karena ada telor, ikan, beras, dan lainnya,” tuturnya.

Hal senada dijelaskan Kepala DPKP Kabupaten Gumas, Hansli Gonak yang menuturkan barang yang di jual tersebut antara lain, ikan patin, beras, minyak goreng, gula dan telor yang dijual per tabak. Sehingga, ini dilakukan agar menyeimbangkan harga-harga kebutuhan pokok atau pangan yang alami kenaikan. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!