EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Ini Cara SMPN 2 Sampit Ajarkan Tanggung Jawab

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sampit Abdurrahman menyebutkan, saat ini pihaknya melakukan pembaharuan dalam penempatan siswa di ruang kelas guna mengajarkan sikap tanggung jawab pada setiap diri peserta didik.

Pihaknya menerapkan sistem kelas permanen, yakni setiap siswa yang sudah ditempatkan dalam kelas yang sama maka akan seterusnya di kelas tersebut. Sehingga mereka harus menjaga kelas tersebut dengan baik bagaikan rumah mereka sendiri.

“Ruang kelasnya juga kami tata sedemikian rupa agar lebih menarik, mejanya kami beri alas warna warni sebagai upaya agar meja tidak di coret-coret. Dan suasana kelas juga menjadi berbeda dan terkesan seperti di rumah,” kata Abdurrahman, Jumat 2 September 2022.

Menurutnya, jika suasana kelas terasa seperti di rumah maka peserta didik akan santai dalam belajar sehingga mampu menguasai materi yang diberikan oleh guru di sekolah. Ia juga berharap, dengan merubah suasana kelas ini dapat membantu terciptanya pembelajaran yang lebih efektif.

“Kami ingin menciptakan suasana yang berbeda. Jadi peserta didik tidak bosan, mereka jadi lebih santai, akan tetapi tetap serius dalam mengikuti pembelajaran di kelas, serta bertanggung jawab menjaga kebersihan kelas mereka,” jelasnya. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *