Kotawaringin Timur

Kemunculan Buaya, Warga Cempaga Diminta Waspada Beraktivitas di Bantaran Sungai

SAMPIT – Menyikapi kemunculan seekor buaya besar yang terlihat oleh warga di sungai Desa Cempaga Mulia, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit meminta warga agar berhati-hati saat beraktivitas di bantaran sungai.

Peristiwa kemunculan seekor buaya besar di malam hari, pada Kamis (15/09/2022) di sungai tersebut sempat membuat geger warga setempat.

“Warga harus lebih berhati-hati dan waspada saat beraktifitas di sungai, jangan membuang bangkai binatang dan sampah rumah tangga ke sungai”, kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah, Selasa (20/09/2022).

Dikatakannya juga, usahakan jangan memelihara ternak di tepi atau di atas sungai. Pihaknya akan secepatnya ke Kecamatan Cempaga untuk berkoordinasi dengan pihak kecamatan.

Camat Cempaga, Muhammad Yamin bahkan telah mengingatkan kepada seluruh warganya terutama yang tinggal dipinggiran sungai agar lebih waspada.

“Apabila warga ingin ke lanting agar lebih hati-hati, kalau bisa dikurangi dulu sementara ini melakukan aktivitas disekitar pinggiran sungai”, kata Yamin.

“Saya juga mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, apalagi bangkai hewan jenis apa pun, karena kebiasaan itu akan menjadi pemicu datangnya buaya”, ujarnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Sampit, agar dicarikan solusinya supaya hewan predator tersebut tidak lagi muncul ke wilayah pemukiman warga. (tbk/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *