DPRD Kota Palangka Raya

Bersinergi untuk Raih Adipura

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Shopie Ariany mengatakan, jika Palangka Raya ingin mendapatkan adipura, maka yang harus di kedepankan adalah kerjasama antar pemerintah dan masyarakat.

“Baik masyarakat maupun pemerintah, semua harus bersama-sama gotong royong. dalam menjaga keasrian lingkungan dan pengelolaan sampah yang baik,”ungkap Shopie, Jumat (7/10/2022), di Palangka Raya.

Dikatakan, ada berbagai kriteria dan indikator yang menjadi bahan penilaian, yaitu indikator kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota, serta indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), yang meliputi intistusi, manajemen dan daya tanggap.

Secara keseluruhan politisi perempuan dari Partai Perindo ini menilai, Pemko Palangka Raya sudah sangat siap untuk mendapat penilaian supremasi tertinggi bidang lingkungan tersebut. Salah satunya kesiapan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah.

Seperti saat pemrosesan sampah-sampah yang masuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), dimana petugas akan melakukan pemilahan sampah yang masih bisa didaur ulang dan mana yang tidak, sebelum sampah -sampah tersebut masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Penting kiranya untuk memaksimalkan dan mengembangkan TPA dalam mengelola sampah. Pasalnya, TPA memiliki poin terbesar dalam penilaian sekaligus penentu kelayakan untuk mendapatkan adipura,” bebernya

Intinya ungkap Shopie,
semua harus berperan aktif, meski saat ini pemerintah tengah menyelesaikan hal lain. Diantaranya seperti operasi pasar murah, pemulihan ekonomi, dan peningkatan infrastruktur jalan serta drainase perkotaan.

“Apabila infrastruktur telah dibangun, mari kita jaga dan rawat bersama-sama. Kesadaran dan kepedulian masyarakat harus ditingkatkan untuk tidak lagi membuang sampah diselokan maupun saluran drainase. Sehingga apa yang diharapkan untuk meraih adipura dapat terwujud,” tutupnya.(VD/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *