DPRD Gunung Mas

Dewan Gumas Dukung Program Tanam Sakuyan Lombok

KUALA KURUN – Gerakan menanam cabe atau sakuyan lombok yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pertanian (Dispertan) setempat mendapat dukung dari DPRD Kabupaten Gumas. Langkah mengajak masyarakat berkebun ini, untuk pengendalian inflasi pangan.

“Kita sangat setuju serta mengapresiasi langkah ajakan dalam berkebun khususnya gerakan menanam cabai atau sakuyan lombok yang dilakukan upaya menekan inflasi pangan di daerah kita ini,” ujar Anggota DPRD Gumas, Rayaniatie Djangkan, Selasa (4/10/2022).

Politisi dari PAN ini menuturkan inflasi merupakan suatu proses adanya kenaikan harga-harga kebutuhan secara umum dan itu terus menerus pada waktu tertentu. Maka itu dapat berdampak pada segenap lapisan masyarakat, sehingga perlu adanya inovasi semacam menanam kebutuhan sehari-hari dapat menekan hal tersebut.

“Kemudian, gerakan menanam sakuyan lombok ini searah dengan program pemerintah yakni smart agro, lalu lombok ini, sebenarnya komoditas yang memang sangat dibutuhkan masyarakat kita, artinya itu bisa menjadi peluang bagi para petani cabai,” terang dia.

Sementara itu, Bupati Gumas Jaya S Monong menjelaskan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan (GNPIP) yang dilakukan Dispertan memang sangat sejalan dengan smart agro, yang merupakan pembangunan pertanian yang berkelanjutan khusus di semua komoditas, mulai dari tanaman pangan, dan peternakan.

“Lalu, berdasarkan kebutuhan per kapita yang per tahunnya untuk Gumas sendiri, membutuhkan tanaman atau komoditas cabai sekitar 15,22 ton hingga 172,62 ton , dan kita akui untuk kebutuhan cabai sangat besar dan ini merupakan peluang bagi para petani,” pungkas dia. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!