Barito Timur

Dorong Peningkatan Produksi, Dinas Pertanian Salurkan Mesin Peranjang dan Pengemas Keripik

Foto : Salah satu warga menerima mesin peranjang dan pengemas keripik.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur salurkan alat mesin peranjang dan pengemas keripik bagi kelompok wanita Tani atau KWT dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK sebanyak 16 desa.

“Kelompok penerima bantuan mesin perajang dan pengemas itu tersebar di Desa Bentot, Ketab, Kupang Bersih, Putai, Batuah, Murutuwu, Tuyau, Simpang Naneng, Pinang Tunggal, Bamban, Luaw Jawuk, Tewah Pupuh, Sumber Rejo, Lagan, Kandris dan Desa Jaar,” kata Trikorianto, Selasa (11/10/2022).

Katanya lagi, bantuan tersebut merupakan wujud dukungan Pemkab Barito Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk memberdayakan KWT dan PKK.

“Bantuan ini masih berhubungan dengan program pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Jadi setiap kelompok dapat satu unit mesin peranjang dan satu unit pengemas,” ujarnya.

Ia berharap, petani di Barito Timur yang mengembangkan tanaman umbi-umbian dapat memanfaatkan mesin perajang tersebut untuk menciptakan olahan hasil pertanian berupa keripik. Bahkan mesin pengemas juga dapat dimanfaatkan untuk mengemas produk yang lainnya.

“Kita berharap ini dapat membangkitkan industri rumah tangga di desa berbasis hasil pertanian sehingga mendorong pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Kata Trikorianto, hasil pertanian yang diolah memiliki masa simpan yang lebih lama serta dapat meningkatkan nilai ekonomi produk pertanian.

“Nilai bantuan itu tidak seberapa, namun memiliki manfaat yang luas bagi masyarakat. Bantuan itu juga akan menginspirasi masyarakat untuk mengembangkan olahan hasil pertanian di desa,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *