EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Guru Agama Bakal Terapkan Kurikulum Merdeka

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ikuti bimbingan teknis (Bimtek) kurikulum merdeka pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Bahkan sudah siap walaupun kurikulum tercebur baru saja diresmikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud ristek).
Ketua Program Management Office (PMO) Penerapan Kurikulum Merdeka di Kotim, Suyoso mengatakan, implementasi kurikulum ini bisa direalisasikan melalui materi pengembangan diferensiasi pembelajaran.
“Hal itu antara lain dilakukan dengan memetakan kecakapan siswa berkaitan dengan mata pelajaran PAI, salah satu contohnya kemampuan anak dipetakan dalam hal mengaji, sehingga bisa fokus dikembangkan,” jelasnya, Senin 3 Oktober 2022.
Layanan pembelajaran akan berbeda sesuai dengan tingkat penguasaan kecakapan anak masing-masing. Sehingga harus dipraktekkan pelaksanaan profil belajar pancasila dalam sebuah implementasi oleh guru agama, serta melaksanakan penilaian menyenangkan yang beragam agar para guru PAI ini menunjukkan kecakapan dan kemampuannya dengan memaparkan hasil analisis tentang kedua materi tersebut.
Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kotim, Chairil Anwar berpesan agar para guru agama senantiasa menjunjung tinggi penanaman nilai-nilai Pancasila terutama di era globalisasi yang rentan dengan masuknya beragam budaya asing.  (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *