Gunung Mas

Ini Kekayaan Potensi Wisata di Gumas

KUALA KURUN – Luas alam di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mencapai 10.804 kilometer perseginya. Sehingga, begitu banyak potensi sumber daya alam hingga potensi wisata.

Data dari, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gumas menyatakan ada tiga sektor potensi wisata yang dinilai layak dikembangkan.

Sekretaris Disbudpar Gumas, Elkewirke mewakili Bupati mengatakan, ada beberapa potensi kawasan strategis yang ada bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini, terdiri dari tiga titik wilayah, seperti diwilayah utara, timur dan barat, mulai dari wisata alam, budaya serta wisata buatan.

“Kawasan yang strategis itu ada tiga sektor potensi seperti sektor wisata alam, ada di utara yakni Kecamatan Damang Batu, dan Tewah, wilayah barat ada di Kurun, dan Mihing Raya, serta wilayah timur berada di Rungan, Rungan Barat dan Manuhing Raya,” ucap Elkewirke dibincangi, Kamis (6/10/2022).

Ia menuturkan, wisata alam seperti di Kecamatan Damang Batu, berada di Riam Hiran, Bamburing, Sambajad, Hantipan, Bukit Raya, Bukit Keminting, Tatan Samatuan, Puruk Sandukui atau Telunjuk di Hulu Sei Kahayan, di Kecamatan Tewah ada Batu Suli dan Kurun ada Desa Wiasata Hurung Bunut, Air Terjun Bawi Kameloh batu Mahasur.

“Untuk Mihing Raya, ada Bukit Tambak Raja, Rungan ada Riam Guhung Rawai, Hutan Ulin di Desa Parempei, Batu bagalang, Batu Bajaung di Rungan Barat, dan Gohong Karahan, Bukit Suling di Manuhing Raya,” ujarnya.

Sedangkan, lanjut dia, untuk wisata budaya di Betang Damang Batu Desa Tumbang Anoi, Kuburan Damang Pijar di Mahuroi, Kecamatan Damang Batu, di Miri Manasa ada Betang Singa Kenting, Betang Jaga Kamis. Situs Tamangung Amai Rawang, Tambun Bungai, Batu Bulan, Bukit Ngalangkang, dan Sandung Nyai Balau Kecamatan Tewah.

“lalu di, Sepang ada Kaleka Betang Siwung, Sandung Dambung Tahunjung Danau Dai, Sandung Basir Loting Mihing Raya, Betang Toyoi Rungan, Kaleka Betang, Kuta Hantapang, Kuta Mapot, Sandung Ongko Gerek di Rungan Hulu,” jelasnya.

Ia menambahkan, wisata buatan sendiri berada di Dam Sakata Juri Tewah, Desa Wiasata Hurung Bunut, Sakata Juri Kurun, Taman Kota, Taman Patung Tambun Bungai, Bundaran Tugu Selamat Datang dan Jembatan Kahayan di Kecamatan Kurun. (san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!