Kalimantan Tengah

Kalteng Kirim Peserta Terbaik Ikuti MTQ Tingkat Nasional

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo melepas Kafilah 80 orang peserta asal Kalteng untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) tingkat Nasional XXIX, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Minggu (9/10/2022).

MTQ Nasional XXIX yang digelar pada 10-19 Oktober 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini dilaksanakan di beberapa daerah, yaitu Kabupaten Banjar, Kabupaten Banjar Baru dan Kota Banjarmasin, dengan mengusung tema “Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur`ani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”.

Wagub mengatakan keberangkatan Kafilah ke Provinsi Kalsel ini untuk mewakili Kalteng untuk mengikuti kegiatan yang bersifat silaturahim antar Kafilah MTQ se-Indonesia, sekaligus sebagai media untuk menguji/mengasah kemampuan dan kompetensi dalam bidang seni baca Al-Qur`an dan Tahfidzh Al-Qur`an tingkat Nasional.

“Saya berkeyakinan atas pengalaman-pengalaman, pembelajaran yang telah lalu sudah cukup banyak, terlebih pada saat kegiatan pemusatan pelatihan dan pembinaan secara tatap muka langsung di Palangka Raya, yang telah menghiasi dan mewarnai sebagai bekal ilmu pengetahuan serta semangat atau motivasi yang tertanam dalam jiwa, untuk lebih optimal tampil dan berlomba mengikuti kegiatan MTQ ini,” ucap Edy.

Edy juga apresiasi atas upaya dan capaian pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ) Provinsi Kalteng dan panitia pelatihan, sehingga Kalteng mampu mengirimkan putera-puteri terbaik untuk mengikuti MTQ tingkat Nasional XXIX ini.

“Kepada para peserta MTQ agar jangan melakukan hal/kegiatan yang bersifat sia-sia yang tentunya dapat mengganggu konsentrasi dan kesehatan baik fisik maupun mental sejak awal hingga akhir selama mengikuti MTQ Nasional XXIX ini, sehingga diharapkan seluruh peserta mampu tampil secara maksimal sukses dan lancar serta meraih keberhasilan dan prestasi yang lebih baik dan tentunya untuk mewujudkan KALTENG yang Makin BERKAH,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Harian LPTQ sekaligus Ketua Kafilah Prov. Kalteng, H. Khairil Anwar menyampaikan bahwa Kafilah Kalteng yang mengikuti MTQ tingkat Nasional ini sebanyak 80 orang peserta, yang terdiri dari 32 orang unsur penanggung jawab pimpinan Kafilah beserta pelatih/pendamping dan official dan 48 orang peserta.

“Selama mengikuti MTQ Nasional, pemondokan Kafilah Kalimantan Tengah ditempatkan di berbagai titik, Hotel Aria Barito Banjarmasin, Guest House Riyadh dan Guest House Graha Putih Banjarbaru,” pungkasnya. (d0n/mmc/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *