Kalimantan Tengah

Fahrizal Fitri Buka Pelatpim Administrator

FOTO : Sekretaris Daerah Kalteng, Fahrizal Fitri saat membuka acara Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I dan Angkatan II Prov. Kalteng Tahun 2021 dari Ruang Bajakah 2, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (23/3/2021).

GERAKKALTENG.com – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran hadiri sekaligus membuka secara langsung Acara Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan I dan Angkatan II Provinsi Kalteng Tahun 2021 secara virtual melalui video conference dari Ruang Bajakah 2, Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (23/3/2021).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalteng, Sri Widanarni dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan ini, diharapkan peserta mempunyai Standar Kompetensi Manajerial Jabatan Administrator dan kompetensi Pemerintahan sebagai Administrator sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 108 Tahun 2017 tentang Kompetensi Pemerintahan.

“Untuk mengembangkan kompetensi pejabat administrator dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan administrator, dapat diwujudkan melalui pelatihan kepemimpinan administrator yang merupakan bentuk pelatihan struktural kepemimpinan administrator. Sebagai pejabat struktural, pejabat administrator harus memiliki kompetensi manajerial yang dibutuhkan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, baik pusat maupun daerah, sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan,” pungkas Sri Widanarni.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng mengucapkan terima kasih serta memberikan penghargaan atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mengirim peserta untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator Kalteng Angkatan I dan II Tahun 2021 di BPSDM Prov. Kalteng.

“Sebelumnya atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mengirim peserta untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator Provinsi Kalimantan Tengah Angkatan I dan II Tahun 2021 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Tengah,” tutur Fahrizal Fitri saat mengawali Sambutannya.

Fahrizal Fitri mengatakan dalam rangka membentuk terwujudnya World Class Bureaucracy, pada setiap Instansi Pemerintah diperlukan sosok pejabat administrator yang memiliki tanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan bagi keberlangsungan unit organisasi, yaitu dalam peningkatan kinerja unit organisasi yang dilakukan oleh pejabat administrator. Pelayanan publik yang dikelola dan dikendalikan dengan baik, merupakan bagian integral dari peningkatan kualitas kinerja unit organisasi. Sosok pejabat administrator yang dapat memainkan peran tersebut adalah pejabat yang telah memenuhi kriteria kepemimpinan manajemen kinerja, sehingga cepat atau lambatnya peningkatan kinerja organisasi akan ditentukan oleh kualitas manajemen kinerja yang dilakukan oleh pejabat administrator.

Lebih lanjut Fahrizal Fitri mengatakan berdasarkan Pasal 52 (2) huruf a Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Pejabat Administrator harus menjamin akuntabilitas jabatannya untuk memimpin pelaksanan seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik dan efisien sesuai standar operasional prosedur dan terselenggaranya peningkatan kinerja secara berkesinambungan.

Diutarakan oleh Fahrizal Fitri, pelatihan Kepemimpinan Administrator bertujuan untuk mencetak Pemimpin yang kompeten dalam manajemen kinerja dimana terpenuhi Standar Kompetensi Manajerial Administrator yang dipersyaratkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 38 Tahun 2017 yang meliputi Integritas, Kerjasama, Komunikasi, Orientasi pada Hasil, Pelayan Publik, Pengembangan Diri, Mengelola Perubahan serta Pengambilan Keputusan. Adapun kompetensi yang harus dipenuhi oleh Pejabat Administrator antara lain harus memiliki kemampuan untuk menggerakkan seluruh anggota timnya serta mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk bekerja bersama-sama sebagai Team Work yang solid dan juga kreatif untuk mencapai tujuan organisasi serta mampu mempengaruhi timnya untuk berkomitmen dan secara sukarela bekerjasama dibawah Kepemimpinan Pejabat Administrator.

“Untuk itu melalui Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang akan ditempuh dalam 91 hari ini, diharapkan akan memperoleh Output yang berdampak pada peningkatan Kompetensi Manajerial Administrator dari pembelajaran atau bahan ajar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang diikuti serta memperoleh Outcome melalui Aktualisasi Kepemimpinan Manajerial Administrator dengan cara langsung praktik memimpin perubahan dalam organisasinya melalui aksi perubahan yang disusun menjadi seminar aktualisasi tersebut”, papar Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri berharap agar seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator bisa mengadaptasi semua pembelajaran yang sudah didapatkan serta dapat mengimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari sehingga tercapai birokrasi yang berdaya saing kompetitif untuk mendukung tercapainya kinerja Pemerintah Daerah melalui visi dan misi Pemerintah Daerah yang telah ditetapkan untuk mewujudkan Kalteng Makin Berkah.

“Kepada para Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator saya ucapkan selamat mengikuti diklat serta kepada Penyelenggara dan Widyaiswara selamat menyelenggarakan diklat, jalinlah kerjasama dan koordinasi yang baik dalam penyelenggaraan diklat ini, dengan harapan diklat dapat berjalan dengan lancar, aman, dan tertib,” tandas Fahrizal Fitri. (Kominfo/SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *