DPRD Kotawaringin Barat

Pemkab Diminta Sigap Antisipasi Banjir di Kotim

SAMPIT – Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), H Hairis Salamad meminta kepada pemerintah Kabupaten melelui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDD) untuk sigap menyiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi dampak banjir. Pasalnya saat ini cuaca masih ekstrem dan beberapa desa di Kecamatan Tualan Hulu, Antang Kalang dan Kota Besi kembali dilanda banjir.

“Saat ini cuaca di Kabupaten Kotim dalam situasi hujan yang terus-menerus dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, dan sudah ada beberapa desa kembali dilanda banjir. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi terutama dari BPBD harus sigap menyiapkan segala sesuatunya,” kata Hairis (4/10/2022).

Menurutnya pemerintah harus sigap untuk mengantisipasi bencana banjir yang terus terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Kotim seperti di Kecamatan Antang Kalang, ada beberapa desa yang kembali banjir. Hal ini menjadi atensi untuk semua pihak bergerak cepat membantu saudara-saudara yang membutuhkan, baik itu secara moril maupun materil.

“Kami terus menyampaikan bahwasanya pemerintah harus siap dan sigap dalam mengantisipasi bencana banjir yang melanda daerah kita. Perangkat-perangkat desa dan camat kita instruksikan untuk menghimbau kepada pihak perusahaan-perusahaan yang terdekat agar membantu masyarakat yang terdampak banjir,” ujarnya.

Hairis yang merupakan Politisi Partai Amanat Nasional ini mengatakan, masyarakat sekarang sedang kesulitan ekonomi pascapandemi Covid-19. Jangan sampai datangnya bencana banjir menambah penderitaan bagi mereka. Untuk itu, semua pihak yang ada harus bekerjasama untuk membantu warga yang sedang terdampak banjir.

Pemerintah Kabupaten Kotim telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir dan memberikan bantuan berupa sembako kepada korban bencana. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim menyebutkan terdapat 3.000 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir, dengan korban jiwa sebanyak 11.000
jiwa lebih. (arl/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *