Barito Timur

Peringatan Hari Kesakitan Pancasila di Kabupaten Barito Timur Berlangsung Khidmat

Foto : Ketua DPRD Kabupaten Barito Timur, Nur Sulistio.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Sabtu (1/10), Pemerintah Kabupaten Barito Timur laksanakan upacara peringatan Hari Kesakitan Pancasila tahun 2022, di rumah jabatan Bupati Barito Timur dengan khidmat dan tertib.

Diperingatinya hari kesakitan pancasila, tidak terlepas dari insiden pemberontakan Gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia (G30S PKI) terhadap tewasnya 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD, yang 7 jenasahnya dimasukan ke sumur sedalam 12 meter atau dikenal dengan lubang buaya.

Sehingga untuk menggenang para pahlawan yang gugur dalam aksi G30S PKI tahun 1965, setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesakitan Pancasila.

“Itu terungkap saat para pejuang pahlawan kita merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” kata Nur Sulistio, Minggu (2/10/2022).

Kata ketua DPRD Barito Timur ini mengajak, seluruh masyarakat maupun pemerintah untuk terus membangun, dengan tujuan melanjutkan perjuangan para pahlawan dan pejuang terdahulu, dengan mengacu atau berpedoman kepada ideologi Pancasila.

“Agar semua yang dicita-citakan oleh pejuang terdahulu dapat terlaksana dan dipertahankan, serta dikembangkan lebih baik lagi,” ujarnya.

Kata Nur Sulistio, Hari Kesakitan Pancasila ini merupakan momen bersejarah yang menambah kuatnya persatuan bangsa Indonesia.

“Sehingga keberadaan bangsa Indonesia dapat dipertahankan dengan kekuatan kesatuan anak bangsa,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!