Palangka Raya

Siapkan Program Tanggulangi Pertanian Terdampak Banjir

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Belum lama ini lahan pertanian di sejumlah kelurahan Kota Palangka Raya terendam banjir sebagai dampak meluapnya daerah aliran sungai (DAS), dan akibat hujan yang turun dengan intensitas tinggi. Kini pasca banjir dadakan itu, para petani tidak sedikit yang gagal panen dan mengalami kerugian.

Menyikapi hal tersebut Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beberapa program-program bantuan untuk membantu meringankan beban petani yang terdampak banjir.

“Ada beberapa program yang telah kita siapakan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, termasuk siklus-siklus penanaman,”katanya, Sabtu (8/10/2022).

Dikatakan Pemerintah Kota Palangka Raya telah melakukan upaya-upaya untuk memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat salah satunya beras, dengan berkoordinasi bersama distributor dari daerah tetangga.

“Pemerintah Kota Palangka Raya juga telah mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR), untuk program revitalisasi pasca banjir di Kelurahan Sebangau,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya, Renson menambahkan, lahan pertanian yang terdampak banjir di Kota Palangka Raya, belum memberikan pengaruh signifikan terhadap ketersediaan bahan pangan masyarakat.

“Dampaknya tidak terlalu berpengaruh. Ada sebagian petani sayur yang melakukan panen lebih awal. Jadi gagal panen dapat diantisipasi, oleh sebagian petani,”bebernya.

Pemerintah Kota Palangka Raya tambah Renson, akan terus berupaya mencarikan solusi terhadap permasalahan banjir berulang di lahan pertanian di kota setempat. “Kami akan bersinergi bersama pihak terkait lainnya,”singkat Renson. (VD/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!