EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

SMAN 3 Sampit Rutin Gelar Kultum Usai Salat Zuhur

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Sedekah menjadi salah satu materi yang kerap disampaikan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah, agar peserta didik gemar bersedekah dan mampu memaknai nikmatnya berbagi. Hal ini juga yang diterapkan guru-guru pada peserta didik di SMAN 3 Sampit.
“Khususnya melalui Kuliah Tujuh Menit (Kultum) setelah bada shalat zuhur, yaitu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan di Musholla SMAN 3 Sampit, siswa secara bergantian melaksanakan kultum dan materinya pun bebas saja,” kata Amrullah Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMAN 3 Sampit, Jumat 7 Oktober 2022.
Misalnya kata Amrullah, materi sedekah yang disampaikan oleh salah satu siswa Muhammad Rifqy Ravianur Kelas X IPS 3, dia menjelaskan tentang keutamaan dan pahala bersedekah yang sangat mulia apalagi berbagi kepada orang yang kurang mampu.
“Keutamaan Sedekah dalam Al-Qur’an Dalam surat Al Hadid ayat 18, Allah SWT berfirman tentang balasan orang yang bersedekah. Yang artinya (Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia,” jelasnya.
Sementara Kepala SMAN 3 Sampit Livenur Hasby mengatakan, ini sebagai sarana melatih siswa untuk tampil di muka forum, dan ia memaklumi jika ada kesalahan dalam menyampaikan materi kultum, atau kurang maksimal. (rik/aga)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!