HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

5.000 UMKM Dapat Bantuan Dana Produktif

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan bantuan produktif bagi 5.000 UMKM Akbar.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran kepada 70 orang perwakilan UMKM yang ada di Kota Palangka Raya pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Dinas Koperasi se-Kalteng dan Workshop Menggali Ide Bisnis Bagi Wirausaha Pemula Tahun 2022, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng, Kota Palangka Raya, Rabu (16/11/2022).

Bantuan Pemprov melalui Gubernur Kalteng itu akan disalurkan langsung ke rekening pribadi para UMKM melalui PT. Bank Kalteng senilai Rp2.500.000,- per orang.

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Kalteng Norhani menyatakan bantuan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM, terutama yang terdampak inflasi.
“Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat membantu pedagang-pedagang kecil. Kita juga akan dorong mereka untuk tetap berusaha dan kita bantu untuk perizinannya termasuk sertifikat halal dan lain-lain,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Prov. Kalteng H. Nuryakin saat membuka Rakorda Perencanaan Pusat dan Daerah Dinas Koperasi se-Kalteng dan Workshop Menggali Ide Bisnis Bagi Wirausaha Pemula Tahun 2022 mengatakan, jumlah UMKM di Provinsi Kalteng terus mengalami peningkatan sampai dengan tahun 2022 sebanyak 121.458 UMKM, jumlah ini akan terus meningkat di tengah pertumbuhan ekonomi dan atensi Pemerintah terhadap UMKM.

“Perkembangan jumlah koperasi sampai periode bulan November 2022 adalah sebanyak 3.539 unit, dimana koperasi aktif berjumlah 2.857 unit dan tidak aktif 682 unit, yang telah disesuaikan dalam Online Data System (ODS) Kementerian Koperasi dan UKM RI,” sebutnya.

Selain menggiatkan kembali koperasi, Sekda menyebut, Pemprov. Kalteng juga sedang membangun suatu sistem informasi untuk melakukan inventarisasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas bagi para pelaku UMKM se-Kalteng melalui Sistem Informasi TABE (Tangan Berkah).

“Kita berharap kegiatan ini diikuti dengan baik, sehingga memberi pengetahuan dan pemahaman kepada para Pembina Koperasi dan UKM se-Kalimantan Tengah, serta mampu diimplementasikan untuk memajukan koperasi dan UMKM,” imbuhnya.

Turut hadir Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI Yulius, unsur Forkopimda, seluruh Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Instansi Vertikal Prov. Kalteng terkait, Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten/kota se-Kalteng, Guru Besar IAIN Palangka Raya Ibnu Elmi Acmad S. Pelu selaku motivator, pelaku UMKM se-Kalteng, serta undangan lainnya. (mmc/d0n)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!