EDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Bike To School Cara SMAN 2 Sampit Kurangi Jejak Karbon

SAMPIT – Sebagai salah satu upaya mengurangi jejak karbon dalam rangka memperingati Hari Energi Sedunia tahun 2022, SMA Negeri 2 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, mengajak warga sekolahnya untuk menggunakan sepeda ke sekolah atau Bike To School.

“Para guru dan siswa SMAN 2 Sampit kami ajak menggunakan sepeda untuk memperingati Hari Energi Sedunia atau World Energy Day 2022, kegiatannya sendiri kami laksanakan pada Jum’at (28/10/2022), hal ini adalah sebagai salah satu edukasi dalam upaya untuk mengurangi jejak karbon”, kata Kepala SMAN 2 Sampit Drs Kodarahim, Kamis (3/11/2022).

Menurutnya, semua warga sekolah turut terlibat, baik para guru maupun para siswa dan siswinya.

“Kegiatan dilaksanakan mulai saat masuk sekolah, warga sekolah tidak diperkenankan menggunakan kendaraan bermotor, hanya yang menggunakan sepeda atau berjalan kaki yang dapat masuk ke areal sekolah”, jelasnya.

Kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang jejak karbon terbesar, diharapkan dari kegiatan ini selain melakukan penghematan energi, juga dapat mengurangi polusi terutama dari kendaraan bermotor.

“Kegiatan ini ada kaitannya dengan kurikulum merdeka di sekolah kami tentang pengurangan emisi karbon, kedepannya kami berharap kegiatan Bike To School ini bukan hanya dilaksanakan pada saat hari energi, namun bisa diagendakan pada setiap bulannya”, ucap Kodarahim.

Sementara itu, Ketua Adiwiyata SMAN 2 Sampit Anna Farida mengatakan, tercetusnya ide Bike To School ini karena mengikuti program Adiwiyata SMAN 2 Sampit yaitu Asean Eco School.

“Untuk tujuan program Asean Eco School salah satunya adalah penghematan energi, selain kegiatan Bike To School kami juga nanti melakukan pemasangan panel surya yang ramah lingkungan, dimana hal ini juga mendukung kegiatan Asean Eco School itu sendiri”, jelas Anna. (Tbk/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!