DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Pihak Sekolah Harus Terbuka Dalam Melaksanakan PPDB

Sekda Kotim Halikinnor melakukan sidak ke Kantor Dinas Pendidikan, Senin (10/6).

SAMPIT,Gerakkalteng.com-Penerimaan peserta didik baru (PPDB) mulai dilaksanakan, khususnya tingkat SMA, SMK dan MA. Beberapa sekolah yang ada di Kota Sampit maupun yang di kecamatan sudah menggelar pendaftaran dengan sistem online.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor mengingatkan agar seluruh sekolah di semua tingkatan yang ada Kabupaten Kotim dalam melaksanakan PPDB harus terbuka agar tidak menimbulkan kecurigaan dari masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan inspeksi mendadak ke kantor Dinas Pendidikan Kotim. Pada waktu yang bersamaan Kepala Dinas Pendidikan Kotim Suparmadi sedang melakukan rapat bersama sejumlah kepala SMA dan SMK terkait penerimaan peserta didik baru.

“Saya meminta agar penerimaan siswa baru tahun ini tidak ada timbul permasalahan. Semua kepala sekolah harus memperhatikan dan meminimalisir terjadinya pungutan pada saat penerimaan siswa baru yang akan mebuat resah masyarakat, dan itu jangan sampai terjadi,” ujarnya saat usai melakukan sidak Senin (10/6).

Halikin juga meminta semua tahapan penerimaan harus dipelajari dan ditaati sesuai ketentuan. Kalau ada potensi hal yang bisa memunculkan masalah harus dicegah secepatnya. Hal tersebut untuk menghindari kecurigaan di masyarakat.

“Kalau ada kebijakan yang diterapkan sekolah itu harus disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat dan orang tua peserta didik. Ini agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari yang akan mengakibat adanya protes,” ucapannya.

Menurut Halikin walaupun saat ini sekolah tingkat SMA, SMK dan MA sekarang menjadi tanggung jawab dan kewenangan pemerintah provinsi, tetapi pemerintah kabupaten juga harus tetap ikut melakukan pengawasan sehingga koordinasi berjalan dengan baik, sesuai harapan apa yang diinginkan bagi semua pihak.(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!