Gunung Mas

Pemkab Gumas Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke – 77

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) menggelar apel bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat. Kegiatan ini bertepatan dalam rangka memperingati hari pahlawan yang ke-77 tahun, dihalaman kantor bupati setempat, Kamis (10/11/2022).

Bupati Gumas, Jaya S Monong mengatakan, perjuangan besar para pahlawan saat ini ialah dalam menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata. Termasuk pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

“Apel peringatan hari pahlawan yang ke 77 tahun ini, maka kiranya kita perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Kesiapsiagaan kita dalam menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan Sumber Daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan,” ucap Jaya S Monong, Kamis (10/11/2022).

Dikatakannya juga, dengan mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang, maka ia mengajak untuk bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang.

“Kemudian, pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan,” ujarnya.

Setelah itu, ujarnya menambahkan, dengan mengelola Sumber Daya Alam (SDA) secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan SDA yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang.

“Sebenarnya tidak mudah, tapi pasti bisa. Karena para Pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman,” pungkas dia.(san/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *