HEADLINEKalimantan TengahPalangka Raya

Bantu Ekonomi Masyarakat Ditengah Inflasi, BNNP dan Pemprov Buka Edu Bazar

PALANGKA RAYA – Sebanyak 47 stand memeriahkan Edu Bazar Murah yang digelar Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah (BNNP-Kalteng) bersama Pemerintah Provinsi Kalteng. Kegiatan diselenggarakan di halaman Kantor BNNP Kalteng, Jalan Tangkasiang, Kota Palangka Raya, Sabtu (10/12/2022).

Pelaksanaan Edu Bazar ini, ialah sebagai salah satu langkah mendorong pertumbuhan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sehingga lebih produktif dan berdaya saing. Termasuk membantu masyarakat yang saat ini tengah mengalami beban ekonomi karena meningkatnya harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.

Dalam kegiatan ini, selain menjual sembako murah berupa 750 paket dari Disdagperin Provinsi Kalteng, BRI dan Indomaret, juga tersedia produk pakaian, bumbu dapur, aneka kue, selai roti, aneka makanan, minuman, ice cream, obat herbal, kain batik, sepatu, kerajinan khas dayak. Termasuk juga kosmetik, parcel Natal dan produk UMKM lainnya termasuk dari DWP BNNP Kalteng dengan produk yang sudah memiliki branding “war on drugs” di setiap kemasannya.

Selain itu, Edu Bazar juga mengadakan kegiatan lain yang berbasis edukasi serta sosial, seperti lomba pidato anti narkoba untuk siswa SD/sederajat se-Kota Palangka Raya, donor darah bersinar (bersih narkoba), donasi buku perpustakaan untuk pelosok desa ditambah lagi dengan tempat untuk tukar uang baru/receh, tukar gas LPG, konsultasi bahaya narkoba, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden yang mewakili Gubernur Kalteng. Dalam sambutannya Herson mengatakan kegiatan ini merupakan wujud sinergi BNNP bersama Pemprov. Kalteng untuk meredam lonjakan inflasi. Salah satu tujuannya untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, khususnya masyarakat kurang mampu.

 

Sementara itu, Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si menambahkan, pihaknya berharap dengan bergeraknya ekonomi, maka bersama bisa benar-benar meningkatkan perekonomian dan kemampuan atau daya beli masyarakat ke depan. sehingga kita bisa mewujudkan Kalteng Berkah, Kalteng Bersinar (Kalteng bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika).

“Kegiatan ini juga merupakan soft power approach melalui pencegahan yang dilaksanakan oleh BNN Provinsi Kalimantan Tengah untuk menekan penyalahguna narkotika yang ada di wilayah Kalimantan Tengah”, sebutnya yang juga mengatakan kegiatan tersebut merupakan kerjasama dengan instansi terkait, dunia usaha, perbankan dan UMKM.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakapolda Kalteng, Irjen. Pol. Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P., M.A. beserta staf yang ikut mendonorkan darahnya, Direktur Reserse Narkoba Polda Kalteng, perwakilan dari DPRD Provinsi Kalteng, Korem 102/Panju Panjung, Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalteng, Ketua Pengadilan Tinggi Kalteng, serta Kabinda Kalteng. (hms/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *