Barito Timur

Jelang Natal dan Tahun Baru, Dishub Barito Timur Lakukan Himbauan

Foto : Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Bertholumeus Nyampai.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Perayaan Natal dan Tahun Baru atau Nataru tinggal beberapa minggu lagi, biasanya armada angkutan transportasi darat akan lebih ramai dicari. Guna lancarnya dan tidak dirugikannya masyarakat, maka Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur melakukan pendataan.

“Kita disini kalau trevel ini kan tidak menggunakan ijin trayek, nah sehingga hanya kita bisa pendataan saja. Kemaren pendataan ada beberapa agen yang di Barito Timur,” ungkap Bertholumeus Nyampai selaku Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur, Kamis (1/12/2022).

Dirinya berharap, untuk armada sopir trevel baik dari luar kota maupun dalam kota benar-benar kondisi bagus dan sopir juga bebas narkoba maupun minuman keras.

“Trevel ini itu kan nanti mendapat perhatian kami juga, sehingga betul-betul kendaraan itu fit. Kendaraan fit kalau bahasa kami Over Dimention Over Load (ODOL) muatannya jangan lebih,” kata kadishub.

Disamping itu pastikan juga drivernya sehat, kondisi fisiknya harus sehat.

“Nah ini, dari sisi kecepatan harus diatur sekira hal-hal seperti itu adalah bagi dari pada petugas kami hanya berikan himbauan,” ujarnya.

Hal ini lanjut dia, bagi kendaraan-kendaraan wajib diuji melalui UPT kami pengujian kendaraan bermotor.

“Itu kan mungkin sejenis angkutan umum yang sifatnya barang, baik truck maupun sarana seperti pic up. Pic up ini ada yang biasa dan pic up double kabin itu wajib mereka untuk diuji kelayakan kendaraan baik dari segi roda, lampu semua,” katanya.

Kemudian, kata kadishub, kalau untuk trevel ini kami hanya sifatnya menghimbau memberikan himbauan supaya jangan terjadi over dimention atau over load angkutan.

“Karena disana sudah angkut barang dan angkut penumpang. Penumpang dulu setelah penumpang baru barang, kadang kala barang ini sampai ditaruh diatas mobil ditutup pakai terval, itu nanti dalam waktu segera akan kami beri himbauan,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *