Barito Timur

Bupati Sambut Hangat Kedatangan Panglima Batamad

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas bersama Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah Yuandrias.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, menyambut kedatangan kunjungan kerja Panglima Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Provinsi Kalimantan Tengah, Yuandris.

“Pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih kasih atas kunjungan Panglima Batamad. Provinsi Kalimantan Tengah berserta rombongan,” kata Bupati, Kamis (26/1/2023).

Ampera A.Y Mebas juga berharap, Batamad khususnya di Kabupaten Barito Timur bisa memahami tugas dan fungsinya.

“Kami menyambut baik yang disampaikan beliau, begitu juga menyampaikan sosialisasi bagaimana dengan Perda,” ujar Ampera A.Y Mebas.

Kata Ampera A.Y Mebas, mungkin waktunya sangat terbatas karena masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang perlu di kupas.

Kemudian, kata bupati, seluruh anggota batamad di Barito Timur harus memahami tugas pokok dan fungsinya. Salah satunya adalah mengamankan keputusan damang adat. Jangan sampai tidak mematuhi adat.

“Supaya betul-betul, semua orang memahami dan nanti supaya tidak ada silang pendapat dan sebagainya. Yang pasti saya ucapkan terimakasih atas kehadiran beliau yang sampai ke Barito Timur,” katanya.

Masih ditempat yang sama, Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah, Yuandrias, mengatakan batamad merupakan lembaga adat yang memiliki dadar hukum jelas, yakni Perda Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 16 tahun 2008 tentang Kelembagaan Adat Dayak. Jadi bukan organisasi masyarakat (ormas).

“Dalam Perda itu, tugas batamad adalah mengawal perjuangan masyarakat adat Kalteng untuk mempertahankan harkat dan martabat, menjaga kearifan lokal, mengawal damang dalam proses sidang adat, dan lainnya,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!