Kalimantan TengahKalteng BerkahNasional

Mentan RI Pantau Food Estate di Kalteng

KUALA KAPUAS – Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo menggelar kunjungan kerja ke Kawasan Food Estate, di Desa Bentuk Jaya A5 Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kamis (16/2/2023).

Syahrul mengatakan Food Estate Kalimantan mempunyai suatu konsep yang menembus masa depan secara nasional.

“Ingat, kita tidak bisa bertumpu hanya di Jawa, Makasar, dan lain-lain, karena lahan yang siap dan tersedia cukup luas ada di Kalimantan, termasuk Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Syahrul menuturkan, Presiden Joko Widodo menyebut Food Estate di Kalteng sebagai sentra untuk mendorong sebuah perencanaan-perencanaan ketahanan pangan Indonesia ke depannya.

“Tantangan kita ada di SDM, cuaca, dan juga tantangan teknis lainnya. Kita berharap semua pihak akan bisa melihat kondisi Food Estate yang tidak langsung instan. Food Estate bukan hanya panen jagung, tetapi diharapkan ke depannya kita bisa mengembangkan peternakan yang ada seperti bebek, ayam, dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Wakil Gubernur, H. Edy Pratowo menyampaikan akan menyukseskan Program Food Estate, dan akan terus berkolaborasi antara Pemprov. Kalteng dengan Pemkab setempat.

“Kita harus ubah mindset kita bahwa lahan yang ada di wilayah Kalimantan Tengah itu tidak sama seperti di Pulau Jawa, Sumatera, ataupun Sulawesi. Tapi kita harus yakin dan pantang mundur dengan sama-sama mengejar agar program ini bisa terwujud dengan baik ke depannya, sesuai harapan masyarakat Kalimantan Tengah dan Indonesia,” pungkas Edy. (Red/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!