DPRD Kota Palangka Raya

Terus Perkuat Program Ketahanan Pangan

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin bersama wakilnya Hj. Umi Mastikah, pada Selasa (7/2/2023) lalu, melakukan penanaman padi di lahan pertanian Kelompok Tani (Poktan) Bina Sejahtera Bapak Sukadar di Kelurahan Pager, Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya.

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye, mengatakan, sangat mendukung upaya pemerintah kota (pemko) setempat dalam memperkuat program ketahanan pangan melalui pengembangan pertanian.

“Baiknya, agar pengembangan pertanian dapat berjalan berkesinambungan, maka perlu dilakukan berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian. Terutama untuk mengoptimalkan pengelolaan lahan pertanian,” Kata Anna, Rabu (8/2/2023), di Palangka Raya.

Menurut srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Gerindra ini, ketersediaan lahan pertanian di daerah setempat sangatlah besar, meskipun dengan karakteristik lahan bergambut, namun menjadi tantangan tersendiri bagi dinas dan pihak terkait dalam membangun sistem pertanian yang produktif.

“Terbukti, pengembangan pertanian pada lahan gambut di Palangka Raya ini mampu menghasilkan produk pertanian, hortikultura serta buah-buahan. Seperti halnya di Kelurahan Pager tersebut.Tentu ini menguntungkan bagi ketahanan pangan,”tambah Anna.

Sebelumnya Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyampaikan kegiatan penanaman padi di Kelurahan Pager, merupakan upaya pemko dalam mendukung ketahanan pangan serta pengendalian inflasi dari.sektor pertanian.

Upaya mengendalikan inflasi sebut wali kota, selain dengan cara melakukan operasi pasar dan pemantauan harga komoditas, disisi lain dilakukan dengan mendukung pengembangan pertanian melalui pemberian bibit tanaman yang selama ini berpotensi terdampak inflasi. Seperti cabe dan bawang merah.

“Dengan adanya aksi menanam padi pada lahan poktan di Kelurahan Pager ini, dengan harapan padi yang ditanam tumbuh subur dan menjadi contoh bagi poktan lainnya untuk menanam padi. Kita menyadari kebutuhan akan beras sangat tinggi dan masih kita datangkan dari luar daerah,”bebernya. (Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!