Kalimantan Tengah

Perencanaan Pembangun Tahun 2024 Perlu Sinergitas Bersama

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Leonard S. Ampung menggelar Pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Kalteng Tahun 2024, di Aula Bappedalitbang Prov. Kalteng, Kota Palangka Raya, Selasa (7/3/2023).

Leo mengatakan penyusunan dokumen perencanaan tahun 2024 mengacu pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalteng tahun 2021-2026, sebagai acuan untuk memberi panduan kepada pemerintahan daerah dan menjaga kesinambungan pembangunan antar perencanaan kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Leo menjelaskan, pembangunan tahun 2024 disusun melalui pendekatan teknokratik, partisipatif, top-down, bottom-up, holistik, tematik, integratif dan spasial, yakni Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan (Growth Green) melalui investasi dan infrastruktur.

Leo menyebut, perlu sinkronisasi, sinergisitas, dan harmonisasi antar sektor dan antar wilayah dalam proses pembangunan, karena melayani kepentingan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan harus dimulai dari proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan.

”RKPD Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024 harus menjadi acuan bagi seluruh kabupaten/kota, agar selaras antara perencanaan nasional, provinsi, dan kabupaten/kota dalam penyusunan RKPD kabupaten/kota, terutama penentuan sasaran dan target kinerja daerah,” tegasnya.

Leo berharap kegiatan ini bisa menampung seluruh aspirasi sebagai pertimbangan usulan program/kegiatan untuk tahun 2024, dan bisa menjadi program/kegiatan prioritas dan strategis pembangunan Kalteng yang dapat diintegrasikan untuk mencapai keterpaduan/keserasian antarwilayah, antarsektor, dan antarpelaku pembangunan. (d0n/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!