HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Bappedalitbang Kalteng Gelar Bimtek Tim Penilaian Kinerja Tahun 2022 Terhadap Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2023

“Percepatan penurunan stunting saat ini telah ditetapkan menjadi salah satu agenda prioritas pembangunan oleh Pemerintah Pusat dan telah masuk dalam strategi nasional. Begitu pula di tingkat Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, percepatan penurunan stunting menjadi salah satu hal yang mendapatkan perhatian cukup besar dari Bapak Gubernur Kalimantan Tengah,” ungkap Maulana.

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tim Penilaian Kinerja Tahun 2022 terhadap Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2023, yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kepala Bappedalitbang Prov. Kalteng, Rabu (3/5/2023). Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid daring dan luring ini dibuka oleh Sekretaris Bappedalitbang Prov. Kalteng Maulana Akbar didampingi Kabid Sosbudpem Bappedalitbang Prov. Kalteng Chandra Fuji Asmara. 

Penilaian kinerja penurunan stunting adalah suatu proses atau serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi untuk mengevaluasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting dengan menggunakan instrumen penilaian berdasarkan indikator dan periode waktu yang ditetapkan.

Tim penilai kinerja bertujuan untuk mengukur tingkat kinerja, memastikan akuntabilitas, mengevaluasi kinerja dan mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting.

Adapun penetapan tim penilai kinerja provinsi ini sesuai dengan Keputusan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 24 Tahun 2022 tentang Tim Penilai Kinerja Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan konvergensi penurunan stunting terintegrasi di Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022.

Saat membacakan sambutan Kepala Bappedalitbang, Sekretaris Bappedalitbang mengatakan bahwa Penilaian Kinerja (PK) terhadap pelaksanaan delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di tingkat kabupaten/kota merupakan rangkaian koordinasi, pemantauan dan evaluasi terhadap delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting yang merupakan wujud implementasi Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

“Percepatan penurunan stunting saat ini telah ditetapkan menjadi salah satu agenda prioritas pembangunan oleh Pemerintah Pusat dan telah masuk dalam strategi nasional. Begitu pula di tingkat Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, percepatan penurunan stunting menjadi salah satu hal yang mendapatkan perhatian cukup besar dari Bapak Gubernur Kalimantan Tengah,” ungkap Maulana.

Ditambahkannya hal ini sejalan dengan visi dan misi Gubernur Kalimantan Tengah yaitu Kalimantan Tengah maju, mandiri dan adil untuk kesejahteraan segenap masyarakat menuju Kalteng Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis) yang dimuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2021-2026.

Maulana menambahkan, saat ini adalah momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi sejauh mana kita memenuhi tanggung jawab mencapai target-target kinerja kita yang diukur dengan pencapaian berbagai indikator yang telah diatur baik di dalam Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 maupun Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI). Ia juga meminta dalam menghadapi 2023, semua pihak agar segera merumuskan langkah-langkah strategis dalam mengimplementasikan kegiatan dan indikator yang terdapat dalam lima pilar Strategi Nasional (STRANAS) sebagaimana target yang sudah ada dalam RAN PASTI.

Delapan aksi konvergensi dalam ruang lingkup penilaian adalah analisis situasi, penyusunan rencana kegiatan, rembuk stunting, peraturan Bupati/Wali Kota tentang Percepatan Penurunan Stunting, pembinaan pelaku dan pemerintahan desa/kelurahan, sistem manajemen data stunting, pengukuran dan publikasi stunting dan reviu kinerja tahunan.

Kegiatan Bimtek ini menghadirkan narasumber Iskandar Munir dan Ahmad Riadi dari Local Government Capacity Building For Acceleration of Stunting Reductioin (LGCB-ASR-INEY) Regional 4, Ditjen Bina Bangda Kemendagri dan juga dihadiri oleh Perangkat Daerah/Instansi Vertikal yang tergabung dalam tim penilai kinerja penurunan stunting Provinsi Kalimantan Tengah.

(Dn/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!