Palangka Raya

Lestarikan Seni Budaya dan Kearifan Lokal Lewat FBIM

Foto : Assiten III Setda Kota Palangka Raya, Akmad Fordiansyah menyerahkan bendera Kontingen kepada Kadisparbudpora Palangka Raya, Hj Iin Indrayati Idris. Foto Ist

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang merupakan even tahunan di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), dinilai mampu memberikan motivasi dalam menumbuh kembangkan seni budaya dan kearifan lokal di Bumi Tambun Bungai (julukan Kalteng).

Begitu disampaikan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Kota Palangka Raya, Akhmad Fordiansyah, saat acara pelepasan kontingen Palangka Raya yang akan mengikuti FBIM Kalteng 2023, Jumat (19/5/2023), di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya.

“Even FBIM ini, selain sebagai salah satu langkah strategis dalam pelestarian seni budaya dan kearifan lokal khas Dayak. Disisi lain, menjadi salah satu sarana promosi kepariwisataan,” kata Fordiansyah, di hadapan para peserta dari kontingen FBIM Palangka Raya dalam kesempatan itu.

Terlepas dari itu, Fordiansyah mengajak masyarakat Palangka Raya untuk turut menjaga dan memelihara adat istiadat, tradisi serta budaya kearifan lokal yang ada di Kota Palangka Raya, serta dapat terus dilestarikan maupun diwariskan kepada setiap generasi.

“Kepada peserta FBIM Palangka Raya, kami berpesan agar tetap menjaga kekompakan dan menjaga kesehatan, sehingga bisa mengikuti kegiatan even dengan baik, serta melakukan yang terbaik bagi Kota Palangka Raya,”harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya, Hj Iin Indrayati Idris, menyampaikan, tujuan FBIM Kalteng salah satunya untuk melestarikan seni, budaya, olahraga tradisional dan kearifan lokal.

“Kami berharap kontingen Kota Palangka Raya, dapat mempertahankan juara umum FBIM. Terutama dari berbagai macam mata lomba yang diikuti, bisa menghasilkan yang terbaik. Karenanya, kepada peserta kontingen Palangka Raya tetap fokus dan bisa menjaga kesehatannya selama even berlangsung,”tutur Iin.

Sekedar diketahui tambah Iin, kontingen Kota Palangka Raya dalam gelaran FBIM 2023 ini menurunkan sebanyak 162 peserta. Terdiri dari panitia berjumlah 30 orang, official berjumlah 12 orang dan peserta lomba sebanyak 120 orang.

FBIM Kalteng 2023 yang dipusatkan di Kota Palangka Raya diikuiti oleh kontingen kabupaten dan kota se Kalteng. Kegiatan FBIM itu sendiri diselenggarakan dari tanggal 21 hingga 27 Mei 2023.(Red/Vd/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!