HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Latsar CPNS Gelombang 2 Provinsi Kalteng Tahun 2023 Resmi Ditutup

Gerakkalteng.com –  Palangka Raya – Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Gelombang 2 untuk Golongan II Angkatan XXII, XXIII dan XXIV serta Golongan III Angkatan XXVI dan XXVII Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Prov. Kalteng, sejak tanggal 13 s.d 20 Juni 2023, ditutup secara resmi oleh Kepala BPSDM Prov. Kalteng, bertempat bertempat di Aula BPSDM Prov. Kalteng, Selasa (20/6/2023).

Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala BPSDM Prov. Kalteng Sri Widanarni mengatakan Pelatihan Dasar ini merupakan perwujudan upaya bersama dalam mengembangkan kompetensi sumber daya aparatur.

Kompetensi tersebut diindikasikan oleh kemampuan dalam menguasai secara teknis bidang tugasnya, kemampuan dalam menempatkan kode etik yang dituntut oleh bidang tugasnya dan kemampuan yang menunjukkan komitmen dalam pelaksanaan tugas jabatannya.

“Pelaksanaan tugas di pemerintahan daerah tentunya akan dapat berlangsung secara efektif dan efisien apabila ASN memiliki kompetensi yang dipersyaratkan” ucapnya.

“Sebagai generasi Smart ASN, saya yakin saudara-saudara dapat menghayati dengan sungguh-sungguh, esensi dari seluruh hal yang telah dipelajari selama mengikuti Pelatihan Dasar ini, serta esensi ketugasan sebagai pelayan masyarakat” sambungnya.

Ia juga menambahkan, perbaikan dan inovasi dalam sistem pelayanan masyarakat sangat diperlukan, ini menjadi tantangan untuk terus meningkatkan kapasitas diri guna berkontribusi menciptakan pelayanan yang berkualitas.

“Orientasi pelayanan yang berkualitas dan profesional harus dimaknai dengan baik oleh setiap ASN di lingkungan Pemprov. Kalteng, dengan selalu menanamkan nilai-nilai dasar ASN BERAKHLAK, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabilitas, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif” tutup Sri Widanarni.

Pada kesempatan yang sama Kabid. Pengembangan Kompetensi Manajerial BPSDM Prov. Kalteng Ima Kulata melaporkan, peserta Latsar CPNS golongan II Angkatan XXII, XXIII dan XXIV dan golongan III Angkatan XXVI dan XXVII berjumlah 186 orang yang berasal dari Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat.

“Proses pembelajaran di BPSDM Prov. Kalteng dimulai sejak tanggal 16 Maret s.d 20 Juni 2023, terdiri dari kegiatan on campus dari tanggal 16 Maret s.d 19 April 2023, dan of campus tanggal 20 April s.d 12 Juni 2023, serta on campus 2 atau classical tanggal 13 s.d 20 Juni 2023 hari ini” lapornya.

“Peserta dibagi dalam lima kelas dan diasramakan, dengan pola pengasuhan difasilitasi oleh tim alumni IPDN yang bekerja di lingkup Pemprov. Kalteng” tambah Ima.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Latsar CPNS adalah salah satu sarana untuk memberikan pengetahuan dalam rangka membentuk wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika CPNS, di samping itu juga pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan, bidang tugas dan budaya organisasi agar peserta mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh peserta, yang sudah bekerja keras selama masa menerima materi dan pelaksanaan aktualisasi. Kami juga mengimbau kepada kita semua, agar berupaya secara maksimal untuk dapat menjadikan Provinsi Kalimantan Tengah bisa bersaing dengan Provinsi lain, yang dimulai dari diri kita sendiri masing-masing sebagai ASN” pungkasnya.

Acara penutupan Latsar ini dihadiri oleh Pejabat Administrator dan Pengawas lingkup BPSDM Prov. Kalteng, Widyaiswara dan pengejar, serta Kepala BKPSDM/BKPP Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis Surat Tanda Lulus Pelatihan Dasar kepada perwakilan peserta Latsar CPNS Golongan II dan III Pemprov. Kalteng Tahun 2023, oleh Kepala BPSDM Prov. Kalteng.

(Dn/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!